Pestisida Thiacloprid Mengancam Kehidupan Serangga Air Tawar

Penyemprotan Pestisida. (Pixabay)

Editor: Dera - Sabtu, 30 Oktober 2021 | 11:30 WIB

Sariagri - Menurut penelitian, pestisida thiacloprid bisa menyebabkan musnahnya serangga air tawar yang penting dalam ekosistem tersebut. Temuan ini adalah hasil studi para peneliti dari Living Lab di Leiden.

Selama tiga bulan mereka menghitung serangga terbang di 36 parit laboratorium. Henrik Barmentlo dan rekan-rekannya, memaparkan serangga air tawar di parit tersebut ke konsentrasi thiacloprid yang berbeda.

Zat ini termasuk dalam neonicotinoid, yakni kelompok insektisida yang paling banyak digunakan di dunia.

"Kami menggunakan konsentrasi realistis," kata Barmentlo, seperti dikutip phys.org.

Dampak pestisida thiacloprid bagi kehidupan serangga

Dalam percobaan unik ini, para peneliti menangkap tidak kurang dari 55.574 serangga yang terbang keluar dari 36 parit yang terkontaminasi pestisida thiacloprid selama tiga bulan. Setelah itu, mereka mengidentifikasi semua spesimen dan membandingkan hasilnya dengan sembilan parit kontrol yang tidak terkontaminasi thiacloprid.

"Kami melihat penurunan dramatis pada semua kelompok spesies yang diteliti, seperti capung, kumbang, dan sedges. Baik dalam jumlah absolut maupun biomassa total," kata Barmentlo, ketika meneliti pestisida thiacloprid.

Semua serangga ini memiliki peran penting dalam ekosistemnya. Misalnya, mereka berfungsi sebagai makanan bagi banyak spesies burung pemakan serangga.

Sebelumnya, peneliti lain telah menemukan bahwa spesies burung ini muncul dalam jumlah yang lebih sedikit ketika ada lebih banyak neonicotinoid di dalam air.

"Jadi sangat mungkin spesies burung ini kekurangan serangga, atau dengan kata lain kekurangan makanan," ujar Barmentlo.

Ia mengingatkan bahwa hasil penelitian ini mengkhawatirkan, mengingat penurunan skala besar pada populasi serangga air tawar ini.

Baca Juga: Pestisida Thiacloprid Mengancam Kehidupan Serangga Air Tawar
Dinilai Membahayakan Lingkungan, Larangan Penggunaan Pestisida Meluas di Eropa

Menurutnya, penggunaan massal insektisida harus dipertimbangkan kembali. Di Uni Eropa, penggunaan thiacloprid telah dilarang sejak tahun lalu, tetapi belum di negara lain.

"Untuk melindungi serangga air tawar dan semua kehidupan yang bergantung padanya, kita harus berhenti menggunakan neonicotinoides ini sesegera mungkin," pungkasnya.

Video Terkait