Mengenal Apa Itu Eco Farming, Pupuk Organik yang Bantu Tingkatkan Hasil Produksi Tani

Ilustrasi pupuk. (pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Nazarudin - Senin, 25 Oktober 2021 | 18:20 WIB

Sariagri - Pupuk merupakan salah satu elemen penting dalam kegiatan pertanian. Pasalnya, pupuk digunakan untuk menopang tumbuh dan kembangnya suatu tanaman.

Berdasarkan proses pembuatannya pupuk dibedakan menjadi dua, yakni pupuk buatan dan pupuk alam. Untuk pupuk alam sendiri adalah pupuk yang didapat langsung dari alam, contohnya fosfat, pupuk kandang, pupuk hijau dan kompos.

Sedangkan jenis pupuk lain yang dihasilkan dari proses pembuatan pabrik biasa disebut pupuk buatan. Kadar hara, jenis hara dan komposisi hara di dalam pupuk buatan pun juga sudah ditentukan oleh produsen.

Namun, belakangan ini timbul masalah pada jenis pupuk buatan. Rupanya penggunaan pupuk buatan atau kimia dalam jangka waktu yang lama dapat merusak fisik, kimia dan biologi tanah. Akibatnya produksi usaha tani juga menurun.

Kendati demikian, jangan terlalu khawatir akan hal itu. Sebab ada solusi terbaik untuk mengatasi kerusakan dan mengembalikan dengan kondisi kesuburan lahan pertanian, yaitu menggunakan pupuk eco farming.

Mengenal Apa Itu Eco Farming

Eco farming merupakan salah satu pupuk organik yang sekarang telah banyak digunakan petani untuk meningkatkan produksi usaha tani. Pupuk ini dibuat dari bahan-bahan alami yang telah diuji pada lahan pertanian dan menunjukkan hasil yang signifikan.

Kegunaan Eco Farming

Eco farming mampu memenuhi 13 unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Tentunya ini menjadi suatu solusi terbaik untuk memberikan nutrisi yang cukup bagi tanaman. Adapun tanaman yang dapat didukung oleh penggunaan pupuk ini, diantaranya adalah padi, kopi, coklat, bayam, melon, mangga dan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Eco Farming, Pupuk Organik yang Bantu Tingkatkan Hasil Produksi Tani
Program Makmur Mampu Dongkrak Produktivitas Gabah Kering

Disisi lain, terdapat beberapa kegunaan eco farming untuk tanah yang akan ditanami, seperi membantu menyuburkan tanah, membuat unsur hara tersedia, mengaktifkan mikroorganisme dalam tanah, menetralkan pH tanah dan menambah unsur hara.

Cara Penggunaan

Begini cara penggunaan sistem eco farming pada umumnya.

  • Campurkan dengan air dahulu, 1 tube plus 1 liter air untuk menjadi biang.
  • Setelah itu ambil 40-50 ml pupuk campurkan dg 1 handsplayer isi 17 liter.
  • 50 ml diberikan 1 hesflayer 17 ltr / satu tangki.
  • 1 tube bs 20 tangki hesflayer.
  • 1 hektar sawah hanya butuh 13 atau 14 tangki. Per satu kali aplikasi.

Video Terkait