Smart Farming Perlu Ditampilkan Agar Generasi Milenial Terjun ke Sektor Pertanian

Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian Graha Abadi Pasyaman.(Tangkapan layar)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:50 WIB

Sariagri - Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian (Kementan), Graha Abadi Pasyaman menekankan pentingnya petani milenial (usia 25-40 tahun) menyasar sektor smart farming untuk mengembangkan Internet of Things dari teknologi pertanian terkini.

“Usia-usia yang sudah kolonial bukan tidak mendapat kepedulian, batasan dia hanya pada budidaya bukan pada marketingnya. Siapa yang punya marketingnya adalah usia 25-40 tahun dan bagaimana teman-teman yang di usia 20 tahun untuk menciptakan teknologi,” ujarnya pada webinar nasional ‘Regenerasi Petani Milenial di Era Pandemi COVID-19 dalam Mewujudkan Swasembada Pangan, Kamis (21/10/2021).

Graha menjelaskan di tahun 2050 populasi manusia akan meningkat hampir 10 miliar. Untuk itu, kata dia, perlu dipersiapkan smart farming dalam mendukung pertanian dan menjaga ketahanan pangan.

“Ini harus disiapkan bagaimana smart farming, siapkan lahan yang semakin hari semakin kecil, inovasi-inovasi yang harus lahir tidak harus baru, yang lama diterapkan di tempat yang baru,” jelasnya.

Graha mengungkapkan dirinya telah membangun green house controling, di mana melalui smart farming itu kegiatan pertanian dapat dikendalikan dari jauh hanya dengan mengandalkan gawai (smart phone). Salah satu teknologi yang diterapkan Graha pada smart farmingnya adalah budidaya tanaman dengan perlakuan khusus, menggunakan lampu sebagai pengganti sinar matahari.

“Ini seperti di Osaka, ini adalah tanaman-tanaman yang memang harus mendapatkan perlakuan khusus. Jadi kita menggunakan lighting sama seperti tingkatan matahari pada umumnya. Bagaimana kemudian kita ada musik jazznya. Jadi tanaman ini, saya pernah ke Osaka melihat tanaman di sana dengan musik jazz dan dengan tidak menggunakan musik itu pertumbuhannya beda, di mana pertumbuhannya lebih terang dan pertumbuhannya lebih besar” katanya.

Baca Juga: Smart Farming Perlu Ditampilkan Agar Generasi Milenial Terjun ke Sektor Pertanian
Sebut Sektor Pertanian Menjanjikan, Mentan Ajak Generasi Muda Bertani

Graha menambahkan model pertanian seperti itu perlu ditampilkan, agar generasi milenialbisa terjun dan memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa dan negara.

“Penampilan-penampilan seperti ini saya kira harus ditunjukkan kepada anak muda bahwa bertani itu tidak lagi becek, kotor dan lain-lain,” tandasnya.

Video terkait:

 

Video Terkait