Jaga Ketahanan Pangan, China Tambah Lahan Pertanian Standar Tinggi

Ilustrasi lahan pertanian. (Pixabay/Sasin Tipchai)  

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 17 September 2021 | 18:00 WIB

Sariagri - Pemerintah China berencana menambah luas lahan pertanian standar tinggi hingga mencapai 1,2 miliar mu (sekitar 80 juta hektare) pada tahun 2030, kata seorang pejabat pemerintah sebagaimana dilansir dari laman ecns.cn.

Wakil Menteri Pertanian dan Urusan Pedesaan China, Zhang Taolin, mengatakan bahwa lahan pertanian merupakan landasan bagi ketahanan pangan serta memainkan peran penting dalam ekosistem dan pembangunan pertanian hijau. Oleh sebab itu, rencana tersebut menjadi penting untuk dilaksanakan.

Lebih lanjut, Zhang mengatakan bahwa kementeriannya akan membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan infrastruktur pertanian serta meningkatkan pencegahan dan pengurangan bencana di lahan pertanian guna mencapai target tersebut.

Pada akhir tahun 2020, China telah mengembangkan 800 juta mu (sekitar 53 juta hektare) lahan pertanian berstandar tinggi. Luas lahan itu membantu meningkatkan kapasitas produksi biji-bijian sebesar 10 hingga 20 persen per mu dan menghemat biaya sebesar 500 yuan per mu (sekitar Rp1,1 juta per 666 meter persegi).

Baca Juga: Jaga Ketahanan Pangan, China Tambah Lahan Pertanian Standar Tinggi
Gunakan Lampu LED, Ilmuwan China Temukan Cara Percepat Siklum Pertumbuhan Padi

Sebelumnya, Global Times melaporkan bahwa Pemerintah China telah menyiapkan berbagai langkah untuk menyediakan pasokan makananan bagi penduduknya yang mencapai 1,4 miliar orang. Beberapa upaya itu meliputi menstabilkan areal penanaman biji-bijian dan meningkatkan hasil per unit luas, mempercepat pembangunan sistem pemuliaan modern, serta mempromosikan budi daya yang hijau dan sehat.

Selain itu, Pemerintah China juga mengambil berbagai langkah yang ketat untuk menjaga ketersediaan tanah subur di negaranya dengan mengadopsi teknologi pertanian modern dan menggunakan mesin canggih.

Video terkait:

Video Terkait