Gunakan Lampu LED, Ilmuwan China Temukan Cara Percepat Siklum Pertumbuhan Padi

Ilustrasi Padi. (Unsplash/Sergio Camalich)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 16 September 2021 | 11:45 WIB

Sariagri - Ilmuwan China berhasil menemukan cara untuk mempersingkat siklus pertumbuhan padi menjadi sekitar 60 hari di pembibitan menggunakan teknologi inovatif dalam pemuliaan tanaman.

Peneliti dari Institut Pertanian Perkotaan di Akademi Ilmu Pertanian China, Yang Qichang, menjelaskan bahwa padi percobaan yang disediakan oleh Institut Penelitian Padi Nasional China merupakan varietas kerdil yang cocok untuk penanaman vertikal di rak bertingkat.

Eksperimen dilakukan menggunakan lampu LED sehingga memberikan kondisi pencahayaan terbaik dalam tiap periode pertumbuhan yang berbeda.

Baki budidaya menyediakan nutrisi yang diperlukan sesuai kebutuhan pada setiap periode pertumbuhan. Sementara berbagai faktor lain seperti suhu, kelembaban, dan konsentrasi karbon dioksida berada di bawah kontrol yang tepat.

Dilansir dari China Daily, dua dari enam varietas kerdil dipanen dalam waktu 63 hari, hampir setengah dari masa tanam biasanya di lahan pertanian yakni selama 120 hari. Panen itu menghasilkan 9,78 metrik ton per hektar.

Di lahan pertanian, tanaman hanya bisa dipanen dua sampai tiga kali setahun. Sementara metode pembibitan ini diharapkan menghasilkan enam generasi tanaman.

Teknik ini sangat mempersingkat siklus pemuliaan dan meningkatkan efisiensi budidaya, memberikan contoh untuk tanaman lain, kata Yang, yang juga kepala ilmuwan dari tim pembibitan di Institut Penelitian Padi Nasional China.

Akademisi dari Akademi Ilmu Pengetahuan Cina yang sekaligus Wakil Direktur Institut Penelitian Padi, Qian Qian, mengatakan bahwa pemuliaan yang efisien merupakan kunci untuk memastikan ketahanan pangan nasional.

Dibutuhkan beberapa generasi perbanyakan untuk membiakkan varietas baru yang sangat baik, yang berlangsung bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun. Teknik di pembibitan memecahkan hambatan ruang dan waktu, kata Qian.

Lingkungan dan nutrisi yang terkontrol di pembibitan dapat secara drastis mendorong fotosintesis tanaman dan pertumbuhannya. Sistem budidaya juga dapat dibangun di dekat lembaga pemuliaan karena tidak terpengaruh oleh kondisi tanah, ruang, iklim, dan perubahan musim.

Di masa depan, dimungkinkan untuk menggunakan metode pabrik guna menghasilkan biji-bijian dan kota-kota dapat melihat sejumlah besar pabrik memproduksi makanan, kata Qian.

Baca Juga: Gunakan Lampu LED, Ilmuwan China Temukan Cara Percepat Siklum Pertumbuhan Padi
Teknologi Hazton Mampu Tingkatkan Produktivitas Padi

Pengembangan pembibitan di China semakin berkembang dengan cepat berkat dukungan ilmiah dari pemerintah pusat dan terobosan dalam teknologi pencahayaan LED.

Selain di dalam negeri, China juga telah mendirikan taman demonstrasi pertanian di Rumania dan basis pertanian cerdas di Inggris untuk lebih mengembangkan teknik ini.

 

Video Terkait