Kelompok Tani di Bogor Panen Jagung Hibrida Belasan Ton, Petani Untung Rp8 Juta

Panen Jagung Hibrida di Bogor. (Sariagri/Akbarda Winardi)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 13 September 2021 | 23:00 WIB

Sariagri - Sejumlah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Tunas Muda Tarogong melakukan panen raya jagung, di Kampung Demplot RT02/05, Desa Mekarsari Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Jagung yang berhasil dipanen merupakan jenis jagung hibrida.

Panen ini disambut gembira oleh para petani serta aparatur wilayah, yang selama ini mendamping para anggota kelompok tani dalam mengembangkan jagung hibrida. Tak tanggung-tanggung, panen yang dihasilkan berjumlah 11 ton per satu hektar.

Sebelumnya,  panen yang dihasilkan oleh para petani ini hanya mencapai 8 ton per sekali panen.  

“Tahun ini Alhamdulillah kita menghasilkan panen kemarin 11 ton, biasanya satu hektare 8 ton “ ujar Mad Yunus salah satu petani.

Biasanya jagung Hibrida ini untuk pakan ternak ayam yang dikirim ke berbagai wilayah ke Cianjur dan Bandung. Keuntungan yang didapat para petani dari panen ini sebesar Rp8 juta per sekali panen.

“Ini untuk pakan ayam, untuk marketnya setiap wilayah berdatangan ke desa kami “ pungkas Hendrik Kepala Desa Mekarsari, Kecamatan Rumpin.  

Baca Juga: Kelompok Tani di Bogor Panen Jagung Hibrida Belasan Ton, Petani Untung Rp8 Juta
Siasati Potensi Kerugian Dengan Diversifikasi Pertanian

Sementara itu Penyuluh Pertanian Desa Mekarsari, Dido Garnida menambahkan, keberhasilan panen jagung Hibrida ini bisa menjadi pelopor bagi petani lainnya, untuk melakukan hal yang sama di Kecamatan Rumpin. Apalagi intensitas menanam jagung Hibrida ini bisa ditingkatkan menjadi tiga kali dalam setahunnya.

“Para petani di Desa Mekarsari Kecamatan Rumpin sangat antusias dalam budidaya jagung hibrida, dalam setahun mereka bisa menanam jagung dua kali, bahkan jika cuaca memungkinkan bisa menanam jagung tiga kali,’’terangnya.

Ia pun siap melakukan pendampingan bagi kelompok lainnya, agar bisa mengikuti jejak kelompok petani tersebut.

 

Video Terkait