Resmikan Bendungan Bendo Ponorogo, Presiden Jokowi: Untuk Tingkatkan Produktifitas Pertanian

Presiden Jokowi resmikan bendungan Bendo Ponorogo. (Dok. BPM)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 7 September 2021 | 20:50 WIB

Sariagri - Presiden Joko Widodo, meresmikan pembangunan mega proyek bendungan bendo senilai Rp1,1 trilyun di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pada Selasa (7/9/2021).

Turut hadir dalam peresmian tersebut Menteri PUPR , Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa serta Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo mengatakan Bendungan yang terletak di Dusun Bendo, Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo ini mulai dibangun sejak tahun 2013 dan selesai tahun 2021.

Bendungan dengan spesifikasi ketinggian 74 meter, kapasitas air maksimal sebesar 43 juta meter kubik dengan luas genangan 170 hektar ini merupakan salah satu proyek strategis nasional.

“Bendungan bendo ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk penyediaan air baku sebesar 370 liter per detik sebagai suplai air irigasi seluas 7.800 hektar sawah serta bermanfaat untuk mereduksi banjir  sebesar 31 persen atau sekitar 117,4 meter kubik per detik, “ ungkap Presiden Ri, Joko Widodo di hadapan wartawan dan Sariagri, Selasa (7/9/2021).

Jokowi menambahkan bendungan bendo ini merupakan satu dari 17 bendungan yang pengerjaanya selesai di tahun 2021. Ia berharap bendungan ini akan meningkatkan produktifitas pertanian masyarakat sekitar sehingga dapat mewujudkan program ketahanan pangan nasional.

“Saya berpesan agar bendungan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya disambungkan dengan seluruh jaringan irigasi yang ada. Sehingga para petani bisa meningkatkan produktifitas pertaninan setempat, “ kata Presiden Jokowi.

Usai menyampaikan pidatonya secara simbolis presiden lalu meresmikan bendungan bendo ini dengan membuka pintu air dan juga penandatanganan prasasti.

Baca Juga: Resmikan Bendungan Bendo Ponorogo, Presiden Jokowi: Untuk Tingkatkan Produktifitas Pertanian
Pasca Banjir, Puluhan Ribu Hektar Padi Terancam Puso

Usai meresmikan bendungan bendo dalam kunjungan kerjanya di Ponorogo, presiden juga meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi masal untuk siswa sekolah dan juga santri di pondok pesantren.

“SMK PGRI 2 dan pondok pesantren Kyai Haji Syamsuddin Duri Sawi  menjadi lokasi vaksinasi yang dikunjungi Presiden Jokowi, “ pungkas salah seorang anggota paspampres. 

 

Video Terkait