Kisah Mantan Atlet Voli yang Kini Menjadi Petani Talas di Bitung

Andika Somba mantan atlet voli yang kini menjadi petani talas. (Youtube Young Agropreneur)

Penulis: Arif Sodhiq, Editor: Reza P - Jumat, 20 Agustus 2021 | 16:00 WIB

Sariagri - Siapa pun bisa menjadi petani asalkan memiliki kemauan. Andika Somba (27) pemuda asal Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) sudah hampir satu tahun terakhir menjadi petani di daerahnya. Sebelumnya dia pernah lama menekuni profesi sebagai atlet voli nasional.

“Sebelum menjadi petani, saya jadi atlet voli sejak SMP. Awalnya ikut kejuaran di tingkat kota, provinsi kemudian ikut ASEAN Schools Games tahun 2010 di Malaysia,” ungkap Andika dikutip Sariagri.id dari Youtube Young Agropreneur.

Setelah tidak lagi menjadi atlet, Andika mengaku pernah bekerja kontrak di perusahaan swasta di Kalimantan Timur. Dia kemudian memutuskan pulang ke kampung halamannya di Bitung setelah masa kontrak kerjanya selesai. 

Menurut Andika, dirinya lebih memilih menjadi petani karena hampir sebagian besar sanak keluarganya adalah petani. Kemampuan bertani didapat dari orang tuanya karena sejak kecil dirinya sudah diajak berkebun.

“Saya tergiur juga jadi petani. Sebenarnya sih banyak orang-orang maunya saya jadi atlet terus, tapi karena di kampung banyak yang jadi petani saya juga ingin menjadi petani. Jadi saya hiraukan orang-orang, toh saya sendiri yang menjalaninya,” kata Andika.

Di kebunnya "Dyka Farm", Andika menanam berbagai komoditas mulai talas, jagung hingga bawang daun. Menurut dia, menanam talas merupakan usaha tani yang menguntungkan karena harganya cukup tinggi dan stabil. Talas dari Bitung dikirim ke Papua sebagai bahan baku dari industri makanan ringan yang sedang berkembang di sana.

“Harga talas lumayan, pas panen bisa untung besar juga, jadi tidak pernah gagal panen. Talas banyak dibawa ke Papua karena di Papua sedang berkembang pesat industri makanan ringan berbahan baku talas dan banyak dipasok dari Kota Bitung,” paparnya.

Baca Juga: Kisah Mantan Atlet Voli yang Kini Menjadi Petani Talas di Bitung
Kisah Alumnus UNS Dirikan Bisnis Desa Organik untuk Bantu Petani

Selain itu, Andika memproduksi produk virgin coconut oil (VCO) yang terbuat dari kelapa yang diberi nama BVCO (Bitung VCO).

“Selain itu, saya juga memproduksi VCO yang berbahan baku kelapa. Puji Syukur pesanannya juga banyak dan saya bisa membuka lapangan kerja buat orang-orang sekitar,” tambahnya.

Video terkait: