Inspiratif! Kisah Mantan Pedangdut 'Hijrah', Kini Jadi Petani Sukses di Boyolali

Novi Listiana, mantan pedangdut yang alih profesi jadi petani (Youtube)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 18 Agustus 2021 | 16:00 WIB

Sariagri - Profesi sebagai pedangdut telah dilakukan Novi Listiana sejak tahun 2014. Namun, saat pandemi COVID-19 mewabah di Indonesia, ia memutuskan untuk berhenti berkarir sebagai penyanyi dangdut karena pendapatan yang menurun drastis.

Sejak saat itu, Novi lebih memilih meninggalkan profesi tersebut dan 'hijrah' beralih sebagai petani. Nah, Sobat Agri ingin tahu cerita selengkapnya? berikut ulasannya, dikutip dari Youtube CapCapung.

Alih Profesi Jadi Petani

Novi Listiana, mantan pedangdut yang alih profesi jadi  <a target='_BLANK' href='//sariagri.id/article/topic/20724/Petani'>petani</a>  (Youtube)
Novi Listiana, mantan pedangdut yang alih profesi jadi petani (Youtube)

Novi yang tinggal di Dusun Selowangan, Desa Selo, Boyolali itu mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang membuat dirinya memutuskan untuk berhenti sebagai pedangdut, salah satunya sering dipandang negatif oleh banyak orang. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk menjadi petani.

"Ya menjadi penyanyi dangdut itu kan diomongin dengan pakaian yang seksi, dandan-an menor dan suka keluar malam. Dan saya itu sering dipandang sebelah mata sama orang-orang," kata Novi.

Bangga Menjadi Petani

Awalnya, Novi mengaku sempat malu sebagai petani karena stigma negatif yang berkembang di kalangan anak muda. Namun, ia cepat sadar bahwa petani itu profesi yang membanggakan.

"Semakin kesini saya semakin sadar dan bangga karena petani itu kerjaan yang mulia. Selain itu, bertani juga peluang bisnis yang cukup menjanjikan untuk kedepannya," ujarnya.

Belajar Bertani dari Suami

Novi Listiana, mantan pedangdut yang alih profesi jadi petani (Youtube)
Novi Listiana, mantan pedangdut yang alih profesi jadi petani (Youtube)

Novi mengungkapkan bahwa ia belajar bertani dari sang suami yang juga berasal dari satu grup dangdutnya. Ia diajari mulai cara menanam, mengobati tanaman dan belajar dari petani sekitar.

"Saya berlatih terus dan melihat cara bertani di sini. Saya telatenin terus dan akhirnya saya bertani seperti di lingkungan sini. Alhamdulillah pandangan orang lain itu positif semenjak saya jadi petani," ucapnya.

Bertani Organik 

Novi menuturkan bahwa dirinya melakukan dua cara dalam bertani, yakni bertani organik dan kimia. "Kedepannya, ingin 100 persen bertani organik karena kalau kimia itu akan berefek buruk bagi lingkungan dan alam," jelasnya.

Baca Juga: Inspiratif! Kisah Mantan Pedangdut 'Hijrah', Kini Jadi Petani Sukses di Boyolali
Kisah Alumnus UNS Dirikan Bisnis Desa Organik untuk Bantu Petani

Novi bercerita bahwa salah satu momen yang paling menyenangkan sebagai petani adalah saat panen raya. Sementara itu, bekerja sebagai petani cukup santai karena bebas mengatur waktunya sendiri.

Novi juga berpesan kepada petani muda agar semangat dalam bertani. Menurutnya, profesi petani juga berperan dan berkarya dalam memajukan negara.