Petani Gelar Upacara HUT RI ke-76 di Sawah, Begini Harapannya

Petani di Magetan lakukan upacara HUR RI ke-76. (Sariagri/Arief L)

Penulis: Tatang Adhiwidharta, Editor: Reza P - Selasa, 17 Agustus 2021 | 15:10 WIB

Sariagri - Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-76 tidak hanya digelar di Istana Negara di Jakarta. Namun juga dilaksanakan di area persawahan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Sedikitnya 20 petani mengikuti pelaksanaan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun 2021 yang digelar di lahan bekas tanaman tebu Desa Klagen Gambiran Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan.

Sebelum dilaksanakan upacara, lebih dulu ketua kelompok tani membagikan masker untuk mencegah penularan virus corona. Dalam pelaksanaan upacara, tiap peserta juga diatur jaga jarak sebagai bentuk mematuhi protokol kesehatan.

Uniknya, seluruh peserta upacara mengenakan pakaian ala kadarnya sambil membawa peralatan bertani seperti sabit dan cangkul. Menurut ketua kelompok tani jaya makmur, Bambang Suharto, walau saat ini masih terjadi wabah covid 19,  para petani tetap melakukan upacara HUT Kemerdekaan RI ke 76 di tengah sawah dengan mematuhi protokol kesehatan.

Upacara dilakukan untuk mengingat perjuangan para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan Indonesia dengan mengorbankan jiwa dan hartanya.

Para petani lakukan upacara secara khidmat. (Sariagri/Arief L)
Para petani lakukan upacara secara khidmat. (Sariagri/Arief L)

“Meski pandemi belum usai, upacara di lahan pertanian tetap kami gelar, sebagai bentuk menghargai para pejuang leluhur kami yang telah gugur mengorbankan nyawa dan hartanya demi kemerdekaan bangsa Indonesia, “ beber ketua kelompok tani jaya makmur, Bambang Suharto kepada Sariagri, Selasa (17/8/2021).

Baca Juga: Petani Gelar Upacara HUT RI ke-76 di Sawah, Begini Harapannya
'Refocusing' Tangani Covid-19, Petani Daerah Ini Terancam Batal Terima Bantuan Olah Pupuk Organik



Upacara dilakukan secara khidmad dan singkat, mulai dari berbaris yang rapi, penghormatan kepada bendera, menyanyikan lagu indonesia raya hingga pembacaan teks proklamasi. Selesai upacara, para petani tersebut melanjutkan kerja kembali ke sawahnya masing-masing.

Mereka berharap Kemerdekaan ini bisa menjadi tonggak bangsa dalam memperjuangkan kebutuhan pupuk bersubsidi bagi para petani.

“Saatnya momentum kemerdekaan RI ke-76 tahun menjadi tonggak bangsa dalam pengadaan pupuk bersubsidi bagi petani, agar kami tidak kesulitan lagi dalam mencari pupuk yang terjangkau, “ pungkasnya.

Video terkait:

Video Terkait