Merdeka Ekspor, Pelindo II Layani Rp 16 Triliun Ekspor Pertanian

Ilustrasi - Kegiatan ekspor-impor. (Pixabay)

Penulis: Tatang Adhiwidharta, Editor: Reza P - Selasa, 17 Agustus 2021 | 13:50 WIB

Sariagri - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II (Persero) atau IPC Group berhasil melayani ekspor hasil pertanian dan perkebunan dalam kegiatan Merdeka Ekspor 2021 melalui enam pelabuhan yang dikelola. Ekspor pertanian tersebut memiliki nilai ekspor sebesar Rp1,6 triliun. 

"Ekspor pertanian ini berkontribusi 22 persen dari total nilai ekspor keseluruhan sebesar Rp 7,29 triliun," EVP Sekretariat Perusahaan Pelindo II Ali Mulyono dalam pernyataan tertulisnya, Senin (16/8/2021).

Ekspor yang dilakukan IPC Group tersebut meliputi Pelabuhan Tanjung Priok melalui dermaga PT Jakarta International Container Terminal (JICT) sebesar Rp435,1 miliar, Pelabuhan Dwikora di Pontianak sebesar Rp194,3 miliar, Pelabuhan Boom Baru di Palembang sebesar Rp 138 miliar, dan Pelabuhan Panjang di Lampung Rp666,9 miliar.

Begitu juga dengan Pelabuhan Teluk Bayur di Padang Rp40 miliar serta Pelabuhan Talang Duku di Jambi sebesar Rp141,8 miliar. Merdeka Ekspor 2021 merupakan kegiatan ekspor dan pelepasan secara serentak di 17 pintu pengeluaran di Indonesia yang diselenggarakan pada Sabtu (14/8/2021) lalu. 

Baca Juga: Merdeka Ekspor, Pelindo II Layani Rp 16 Triliun Ekspor Pertanian
Sumbang Devisa Negara, Pupuk Kaltim Ekspor Lebih dari 327 Ribu Metrik Ton Amoniak

"Kegiatan ini dilepas secara virtual oleh Presiden Joko Widodo sebagai momentum penguatan ekspor komoditas pertanian di Indonesia serta menandai kebangkitan ekonomi nasional di tengah pandemi," kata Ali menjelaskan.

Dia menuturkan, Pelindo II sebagai BUMN Kepelabuhanan terus berperan aktif untuk mendorong pemulihan perekonomian nasional. Salah satunya melalui pelayanan ekspor komoditas hasil pertanian dan perkebunan yang mayoritas dikirim ke negara-negara di Asia, Eropa, Australia, dan Amerika. 

Video Terkait