Ini 4 Rahasia Mudah Membasmi Kutu Daun pada Tanaman Secara Aman dan Alami

Ilustrasi Kutu Daun. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 16 Agustus 2021 | 10:30 WIB

Sariagri - Diantara spesies hama, kutu daun adalah hama yang cukup merepotkan petani dan para pemilik kebun. Kutu daun bahkan dapat menyebar cepat dan merusak tanaman dalam skala besar.

Lantas adakah cara untuk menghentikan kutu daun yang menghancurkan tanaman bunga dan sayuran tanpa menyemprotkan bahan kimia yang keras?

Diantara jenis kutu, setidaknya terdapat 200 spesies yang berbahaya bagi tanaman. Celakanya, bukan saja berbahaya bagi tanaman, populasi kutu daun berkembang dengan sangat pesat bahkan hanya dalam hitungan hari. Gigitan kutu daun pun dapat menyebarkan penyakit yang berpotensi merusak seluruh tanaman.

Untungnya, ada sejumlah cara efektif dalam mengendalikan dan memberantas kutu daun secara alami. Selain mudah dan murah, cara alami ini pun jauh lebih aman dibanding penggunaan pestisida berbahan kimia.

Nah, buat Sobat Agri yang punya masalah dengan kutu daun, ada 4 cara alami yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan hama mematikan ini. Apa saja itu?

Berikut 4 tips sederhana menyingkirkan kutu daun, yang dirangkum dari This Is My Garden :


1. Semprotan Air

Salah satu metode alami tercepat dan termudah untuk menghentikan kerusakan kutu daun adalah dengan menyemprot tanaman dengan aliran air yang kuat.

Kutu daun tidak memiliki tubuh yang kuat atau kemampuan untuk melekat pada tanaman dengan baik. Semburan air sederhana dapat dengan mudah mengyingkirkannya dari tanaman dan menghentikan kerusakannya dengan cepat.

Meskipun tidak membunuh kutu daun secara langsung, penyemprotan setiap hari cukup ampuh mengendalikan dan meminimalkan kerusakan. Saat menyemprot, pastikan untuk menyiram bagian bawah tanaman dengan air juga.

Kutu daun suka berkumpul di bawah penutup dedaunan untuk menghindari predator. Semprotan cepat di bawahnya dapat membuat mereka terbang dari tanaman dengan cepat.

2. Predator Alami

Di alam, ada sejumlah serangga yang dapat membantu menjaga populasi kutu daun tetap terkendali. Dan dengan menarik serangga ini ke petak bunga dan area taman, itu dapat mengendalikan kutu daun.

Lady bug atau kumbang koksi adalah musuh kutu daun yang paling terkenal. Mereka bisa memakan ribuan kutu daun dalam satu tahun. Lacewings juga merupakan pengontrol populasi kutu yang produktif. Cara termudah menarik serangga bermanfaat ini ke sekitar kebun atau taman dengan menanam ramuan seperti Dill, Oregano, Yarrow dan Coriander.

Lady bug adalah salah satu predator alami terbaik melawan invasi kutu. Mereka dapat melahap ratusan per hari dan menjaga tanaman aman dari kerusakan. Selain itu, baik kepik maupun lacewings tertarik pada tanaman seperti adas dan ketumbar.



3. Menggunakan Kekuatan Tanaman Pendamping

Selain menanam beberapa tanaman yang menarik pemangsa kutu daun, ada juga tanaman yang bisa ditanam untuk mengusir kutu daun. Bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang semuanya terkenal untuk mencegah kutu daun.

Makhluk-makhluk kecil, termasuk kutu daun, tidak menyukai tanaman ini, dan cenderung berpindah untuk mencari makan ke tanaman lain di lokasi lain.

4. Minyak Neem atau Nimba

Baca Juga: Ini 4 Rahasia Mudah Membasmi Kutu Daun pada Tanaman Secara Aman dan Alami
Begini Cara Mudah Membuat Pestisida Organik untuk Membasmi Hama Kutu Putih



Dan terakhir, ada minyak mimba sebagai alternatif organik untuk mengendalikan kutu daun pada tanaman. Minyak nimba telah digunakan selama ratusan tahun dalam pertempuran untuk mengendalikan kutu daun. Ini adalah ekstrak alami yang berasal dari pohon Neem. Ketika dicampur dengan air dan dioleskan ke tanaman, secara alami mengusir kutu daun. Tak hanya itu. Minyak neem juga bekerja dengan baik dalam mengusir kumbang, penambang daun, semut, dan juga cacing kubis. Untuk menggunakannya, campurkan 1 sendok teh minyak Neem dengan 1 liter air. Kemudian oleskan atau semprotkan ke dedaunan tanaman yang terserang kutu daun.


 

Video Terkait