Apkasi Ajak Kepala Daerah Siapkan Komoditas Andalan di Merdeka Ekspor

Ilustrasi - Kegiatan ekspor impor. (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 1 Agustus 2021 | 21:00 WIB

SariAgri - Merdeka Ekspor merupakan event yang akan diselenggarakan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam bentuk ekspor serentak pada 13-14 Agustus 2021. Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Adnan Purichta Ichsan mengajak kepala daerah se-Indonesia untuk mempersiapakan potensi dan peluang ekspor komoditas pertanian andalannya.

Menurut Adnan, persiapan ini penting dilakukan sebagai tindak lanjut dari arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam kegiatan Rakernas XIII Apkasi di Bali pada pertengahan Juni 2021 lalu.

"Pak Menteri mengatakan siap memfasilitasi anggota Apkasi yang mengalami kendala dalam mengekspor komoditi pertanian. Saya kira peluang ekspor komoditi pertanian harus kita gali sebagai solusi peningkatan perekonomian di suatu daerah," ujar Adnan, Kamis (29/7/2021).

Sekretaris Bidang Pertanian dan Ketahanan Pangan Apkasi yang juga sebagai Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan sektor pertanian merupakan sektor yang mampu menopang kekuatan ekonomi daerah dan nasional. Karena itu, peluang komoditas andalan suatu daerah perlu mendapat perhatian khusus.

"Pertanian ini menjadi primadona dan peluang untuk bisa memasarkan potensi daerah ke luar negeri. Dan peluangnya juga sangat terbuka lebar," katanya.

Menurut Thoriq, sejauh ini pemerintah kabupaten banyak yang memiliki program pertanian bagus, namun untuk memasarkan ke pasar yang lebih luas terkadang masih menghadapi banyak kendala. Misalnya saja soal harga.

"Jadi ketika suatu daerah surplus beras, namun di saat masa panen berbarengan harga menjadi turun dan kualitas pun juga turun. Imbasnya tidak bisa memenuhi standar sebagai komoditas ekspor. Inilah yang menjadi hambatan sekaligus peluang bagaimana kita bisa duduk bersama untuk mencari solusinya," katanya.

Baca Juga: Apkasi Ajak Kepala Daerah Siapkan Komoditas Andalan di Merdeka Ekspor
Tingkatkan Pertanian, Negara Ini Dorong Pemanfaatan Teknologi Cerdas Iklim

Bupati Jember, Hendy Siswanto siap menggerakkan seluruh potensi dalam membuka peluang ekspor komoditas pertanian. Karena itu, Hendy berharap Apkasi terus mendorong kekuatan pangan menjadi kekuatan ril yang bisa mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia.

"Karena itu kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai anggota untuk bisa melihat secara komprehensif peluang ekspor dan bagaimana bisa kami memanfaatkannya. Saya punya usul untuk menjadikan Apkasi ini sebagai wadah bagi daerah sebagai pemanasan sebelum melakukan ekspor ke luar negeri," katanya.

Video terkait: