Dilanda Kekeringan Parah, Petani di California Dilarang Gunakan Air Sungai

Ilustrasi - Tanaman padi. (Pixabay)

Editor: Dera - Sabtu, 31 Juli 2021 | 10:00 WIB

SariAgri - Otoritas negara bagian California, Amerika Serikat berencana membuat aturan yang melarang para petani mengambil air dari sungai dan sumber air utama lannya. Aturan itu dibuat sebagai dampak dari kekeringan parah yang melanda wilayah tersebut beberapa waktu terakhir.

Sacramento Bee melaporkan bahwa Dewan Pengawasan Sumber Daya Air California akan memberikan suara terkait aturan "pengurangan darurat" itu pada 3 Agustus. Jika disetujui, aturan akan berlaku sekitar dua minggu ke depan. Namun akan ada pengecualian untuk air minum dan kebutuhan lainnya

"Perintah dan larangan itu menunjukkan efek kekeringan terhadap pasokan air California," kata Eileen Sobeck, direktur eksekutif dewan. Sobeck mengatakan kepada Sacramento Bee, belum lama ini.

“Kami tidak menganggap enteng tindakan ini, kita tahu bahwa itu akan membebani orang-orang, ”katanya menambahkan.

Melansir Huff Post, Amerika Serikat bagian barat berada di tengah-tengah kekeringan bersejarah yang mengosongkan reservoir atau air tanah dan berkontribusi terhadap kebakaran hutan besar-besaran.

Kondisi ekstrem seperti ini sering kali dipicu dari kombinasi pola cuaca acak, jangka pendek, dan alami yang tidak biasa yang diperparah oleh perubahan iklim jangka panjang yang disebabkan oleh manusia. Para ilmuwan telah lama memperingatkan bahwa cuaca akan menjadi lebih liar saat dunia menghangat.

Perubahan iklim telah membuat wilayah Barat jauh lebih hangat dan kering dalam 30 tahun terakhir. Selama kekeringan sebelumnya pada pertengahan 2010-an, pejabat negara memberlakukan pembatasan pada petani, tetapi tanpa mengeluarkan perintah menyeluruh seperti ini.

Baca Juga: Dilanda Kekeringan Parah, Petani di California Dilarang Gunakan Air Sungai
V BTS dan 4 Idol KPOP Ini Ternyata Berasal dari Keluarga Petani

Gubernur California Gavin Newsom telah meminta semua orang untuk secara sukarela mengurangi penggunaan air mereka sebesar 15 persen. Dia telah mengeluarkan pengumuman resmi kekeringan darurat yang mencakup 50 dari 58 daerah, atau sekitar 42 persen dari populasi negara bagian. Pusat populasi California termasuk Los Angeles, San Diego dan San Francisco, tidak termasuk.

Alokasi air petani tahun ini telah berkurang drastis. Aturan baru ini akan semakin melemahkan kemampuan mereka untuk berproduksi tahun ini, kata Karen Ross, sekretaris Departemen Pangan dan Pertanian negara bagian. Namun dia mengatakan langkah itu benar-benar diperlukan.