Sukseskan Merdeka Ekspor, Mentan Minta Setiap Daerah Ekspor Produk Unggulan

Mentan Syahrul Yasin Limpo. (Antara/Abd Kadir)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 9 Juli 2021 | 10:00 WIB

SariAgri - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan 17 Agustus harus menjadi momentum bagi setiap daerah untuk melakukan ekspor produk unggulan. Karena itu, dia mendorong daerah ikut mensukseskan program merdeka ekspor yang direncanakan pada Agustus 2021 nanti.

"Yang jadi target (program ekspor merdeka) itu semua kabupaten harus punya kemauan dan dorongan untuk mempersiapkan ekspor," ujarnya usai mengikuti pertemuan di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sulsel.

Mentan mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meminta agar kementerian khususnya Kementan memberikan karpet merah kepada para pelaku eksportir sehingga bisa melakukan ekspor secara bersama-sama saat program merdeka ekspor nanti.

Baca Juga: Sukseskan Merdeka Ekspor, Mentan Minta Setiap Daerah Ekspor Produk Unggulan
NTP dan NTUP Naik, Kementan: Kesejahteraan Petani Jadi Agenda Utama

"Momentum 17 Agustus nanti, momen kemerdekaan, harus menjadi semangat kita bahwa tidak ada daerah yang tidak melakukan ekspor secara bersama-sama," kata Mentan.

Dia berharap tidak ada daerah, kabupaten dan kota yang tidak melakukan ekspor pada saat program merdeka ekspor.

"Tidak ada kabupaten yang tidak melakukan ekspor. Seluruh karantina di seluruh Indonesia, saya akan berhentikan jika tidak melakukan tugas dengan baik," pungkasnya.

Video terkait: