Ajaib! Begini Cara Membasmi Gulma dengan Cuka

Ilustrasi Cuka (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Jumat, 11 Juni 2021 | 17:00 WIB

SariAgri - Bagi orang yang suka berkebun, gulma atau rumput liar adalah salah satu tanaman yang tidak diinginkan pertumbuhannya. Pasalnya, keberadaan gulma sering kali mengganggu pertumbuhan tanaman,  bahkan menurunkan produktivitas tanaman.

Untuk mengatasinya, biasanya pekebun akan menggunakan berbagai produk kimia pembasmi gulma yang banyak dijual di pasaran. Namun, ada juga larutan pembunuh gulma dengan bahan yang sudah di dapur yaitu cuka.

"Ada banyak pembunuh gulma berbahaya yang dijual bebas di luar sana. Ingat, apapun yang anda gunakan di kebun akan terserap ke dalam tanah dan akan mempengaruhi air tanah dan air yang mengalir melalui saluran air," kata Eva Reutinger selaku konsultan Hortikultura. Dikutip dari martha stewart.

Begini Cara Cuka Membunuh Gulma

Menurut Rebecca Sears, kepala ahli perkebunan di Seeds of Change, keasaman cuka memiliki peran utama dalam membersihkan taman dari pertumbuhan gulma yang tidak diinginkan.

"Asam dalam cuka menghancurkan dinding sel dan menghilangkan kelembapan dari gulma, menyebabkan mereka mati," ujar Rebecca.

"Cuka yang anda simpan di dapur seperti cuka putih, mengandung tingkat keasaman yang dapat membantu menghilangkan gulma tanpa mempengaruhi tanaman di sekitarnya," tambahnya.

Namun, penting untuk menggunakan cuka untuk membunuh gulma dengan hati-hati. Rebecca mengatakan meskipun cuka membunuh gulma itu dianggap sebagai herbisida nonselektif.

"Ini berarti akan membunuh gulma yang sudah tumbuh, tetapi harus berhati-hati karena akan membunuh tanaman lain yang bersentuhan dengannya," ucap Rebecca.

Lebih lanjut, Reutinger menjelaskan bahwa pengaplikasian cuka ke rumput liar harus pada hari cerah. Jika mendung atau daunnya basah, tunggu sebentar. Sebab, sinar matahari akan bekerja dengan cuka untuk membakar daun.

Begini Cara Membuat Larutan Pembunuh Gulma

Cuka memang sebagai bahan utama, namun cuka akan bekerja dengan baik jika dipadukan dengan sabun cuci piring dan garam. "Resep umum adalah satu cangkir garam, satu sendok makan sabun cuci piring dan satu galon cuka," jelas Reutinger.

Sementara itu, CEO dan salah satu pendiri Tilly, Blythe Yost mengatakan bahwa cuka putih adalah pilihan terbaik karena tidak berwarna dan mahal.

"Garam dan cuka bekerja sama untuk melarutkan dinding sel tanaman dan sabun cuci piring bertindak sebagai fasilitator untuk membantu campuran tersebut melapisi daun dengan lebih efektif," terang Yost.

Baca Juga: Ajaib! Begini Cara Membasmi Gulma dengan Cuka
Berikut 3 Cara Alami Bersihkan Gulma di Sekitar Pertanaman

Yost menjelaskan bahwa keasaman cuka juga harus diperiksa karena produk cuka kemungkinan memiliki tingkat keasaman yang berbeda. Tak hanya itu, saat menggunakan cuka jangan lupa menggunakan pelindung mata dan sarung tanaman.

Menurut Reutinger, jangan pernah menyemprot tanaman saat berangin. Sebab akan berisiko terkena campuran cuka tersebut ke diri sendiri dan tanaman lain.

Video Terkait