Tak Banyak yang Tahu! Nematoda Ternyata Miliki Manfaat bagi Tanaman

Ilustrasi Nematoda. (Dictio)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 21 Mei 2021 | 18:00 WIB

SariAgri -  Nematoda lebih cenderung dianggap negatif karena menjadi hama parasit bagi beberapa tanaman penting seperti kentang dan kedelai. Namun, belum banyak yang mengetahui nematoda non parasit ternyata memiliki banyak peran menguntungkan.

Peneliti dari University of Oregon, Ashley Shaw, mempelajari nematoda yang hidup bebas di lapisan air yang mengelilingi partikel tanah ternyata memainkan peran penting bagi kesehatan tanaman dan sebagai umpan balik tanaman terhadap karbon tanah.

Menurut Ashley, variasi nematoda tanah sangat luar biasa dan ada di dalam semua tingkat jaring makanan organisme tanah. Pada tingkat jaring makanan yang lebih tinggi di kehidupan dalam tanah, nematoda merupakan predator dan omnivora yang memakan invertebrata, protista, dan bahkan nematoda lainnya.

“Dalam beberapa kasus, nematoda predator adalah orang baik yang menjaga populasi nematoda parasit tetap terkendali,” kata Ashley seperti dikutip Agdaily.

Namun, nematoda predator juga sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan. Populasi mereka sering menurun akibat gangguan tanah seperti penggunaan pestisida, pemupukan, pengolahan, atau pemadatan tanah.

Situasi di mana tanah dikelola sangat intensif, seringkali menyebabkan populasi nematoda predator sangat rendah dan populasi kelompok berbahaya justru yang lebih tinggi. Nematoda predator juga sensitif terhadap perubahan hujan dan suhu, yang juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan kelompok berbahaya

Selain itu, ada nematoda mikroba yang merumput dapat membantu mengembalikan nitrogen ke tanah melalui limbahnya. Dengan demikian dapat membuat nitrogen tersedia kembali bagi tanaman dan meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Nematoda, lanjut dia, juga berperan membawa spesies bakteri berguna lain ke dalam tanah. Saat nematoda bergerak di dalam tanah, mereka menyimpan bakteri di tempat baru dan menyebarkannya. Bakteri tersebut dapat berkontribusi dan mempercepat dekomposisi bahan organik tanah dan mengembalikan karbon ke tanah untuk disimpan.

“Tetapi kebanyakan hal baik punya batasan, pada populasi yang sangat tinggi, nematoda yang memakan bakteri dan jamur dapat mengurangi populasi organisme dekomposer tersebut bahkan menurunkan pertumbuhan tanaman,” jelasnya.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu! Nematoda Ternyata Miliki Manfaat bagi Tanaman
Kandungan Tanah Masam? Begini 5 Trik untuk Mengatasinya

Ashley menjelaskan, dalam populasi kecil, nematoda parasit tanaman ternyata dapat merangsang pertumbuhan akar tetapi ketika sudah masuk ke dalam populasi yang besar mereka justru akan merusak akar, menghambat pertumbuhan tanaman dan menyebabkan penyakit tanaman.

“Memastikan keseimbangan antara kelompok nematoda parasit dan yang nematoda yang menguntungkan tanaman sangat penting untuk kesehatan tanaman dan kontribusinya terhadap karbon tanah,” pungkasnya.

Video Terkait