Kenali Jenis Hama Ulat Tanaman dan Cara Pengendaliannya

Ilustrasi hama ulat sorgum (Foto:Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Senin, 26 April 2021 | 20:50 WIB

SariAgri - Hama ulat seringkali menyerang tanaman saat awal musim gugur dan akhir musim panas. Hama ini dapat merusak daun dari sayuran tertentu.

Ulat dapat menyebabkan tanaman rusak dengan cara memakan daun-daun tanaman dan meninggalkan lubang di sana. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis hama ulat dan pengendaliannya, dikutip dari gardeningknowhow.

Jenis Hama Ulat

1. Ulat Kubis Looper

Ulat kubis memiliki warna hijau pucat dengan garis di punggungnya. Hama ini makan sayuran hijau seperti lobak, kangkung dan selada.

Ulat kubis memiliki tubuh sepanjang 1 inci dan 4 cm. Mereka akan berubah menjadi ngengat yang memiliki sayap dengan bintik-bintik perak.

2. Hornworms

Ulat hornworms umumnya menyerang tanaman tomat, tetapi mereka juga dapat menyerang tanaman lainnya seperti kentang, terong dan cabai.

Ulat ini memiliki tubuh besar, berwarna hijau dan memiliki 'tanduk' di ujung tubuh. Serangan hama ini dapat menyebabkan kerusakan tanaman sayuran dengan waktu yang singkat.

3. Cutworms

Ulat cutworms menyerang tanaman mulai dari bibit hingga ke pangkal tanaman. Ulat ini memiliki beberapa warna tergantung dari daerah asal.

Ulat cutworms memiliki kebiasaan melingkari batang tanaman, lalu memotongnya tepat di atas permukaan tanah. Bibit yang lunak adalah yang paling berisiko.

4. Armworm

Ulat armyworms memiliki warna hijau atau cokelat gelap dengan garis-garis kuning. Ulat ini menyerang pohon dari buah-buahan.

Cara Pengendalian Ulat

1. Cara Manual

Pada ulat tomat yang disebut hornworm kamu dapat membasminya dengan cara manual, yakni mengambilnya satu per satu, lalu masukan dalam air sabun agar mati.

2. Gunakan Bacillus Thuringiensis (BTK)

Bakteri BTK merupakan insektisida mikroba yang tidak akan melukai lebah, serangga bermanfaat atau satwa liar. Bakteri ini hanya membunuh ulat saat daun termakan.

3. Gunakan Kertas Timah

Letakkan kertas timah atau karton untuk mengusir ulat. Ini bisa menjadi pencegah yang efektif untuk beberapa varietas. Kemudian jaga kesuburan tanah di sekitar tanaman agar terbebas dari puing-puing tempat telur bersembunyi.

Baca Juga: Kenali Jenis Hama Ulat Tanaman dan Cara Pengendaliannya
5 Cara Mencegah Serangan Ulat Grayak pada Tanaman Jagung



4. Beli Serangga Menguntungkan

Gunakan serangga yang menguntungkan seperti, tawon parasit. Serangga ini tidak menyengat manusia, tetapi dapat membasmi ulat menggunakan tubuh sebagai sarang telurnya.

Video Terkait