Agrowisata di Sleman, DIY, Ajarkan Pertanian dan Perikanan

Kampung Wisata Mina Padi Samberembe, yang berada di Desa Candibinangun, Kecamatan Pakem, Sleman. (Foto: Sariagri/Rizki)

Editor: M Kautsar - Senin, 22 Maret 2021 | 13:40 WIB

SariAgri - Pengembangan desa wisata dengan konsep agro pertanian dan perikanan pada masa pandemi Covid-19 semakin populer. Selain sebagai tempat wisata bagi kalangan keluarga, kelompok pertanian, wisata agro memberikan nilai edukasi bagi para wisatawan yang berkunjung.

Salah satu agrowisata yang cukup populer di Kabupaten Sleman adalah Kampung Wisata Mina Padi Samberembe, yang berada di Desa Candibinangun, Kecamatan Pakem yang menawarkan edukasi pengolahan pertanian dan perikanan.  

Salah satu anggota pengelola Kampung Mina Padi Samberembe, Ricky Wachid Syam menjelaskan sejak dikembangkan pada tahun 2019 lalu, agrowisata itu tercatat dikunjungi sekitar seribuan orang tiap bulannya.

Wisatawan berasal dari kalangan kelompok-kelompok pertanian dan perikanan yang sengaja datang untuk studi banding maupun outbound.

“Kami menawarkan paket wisata edukasi kelas belajar menanam padi dengan sistem jajar legowo, dan pelatihan budi daya ikan dengan berbagai sistem budi daya, rata-rata kunjungan disini tiap bulannya tercatat masih seribuan wisatawan khususnya dari kalangan kelompok pertanian,” ujar Ricky.

Disini budidaya perikanan yang dilakukan meliputi jenis ikan hias koi, udang galah, nila merah, lele dengan sistem bioflok, dan sistem budi daya dengan kincir air atau lebih dikenal dengan sebutan nama si Budi Kucir.  

Dari sekian perikanan ini jenis yang membutuhkan perawatan khusus adalah ikan hias koi dan lele bioflok. Tidak seperti ikan lain, perawatan koi dan lele bioflok membutuhkan pantauan kondisi air yang kualitasnya harus terjaga dengan penggunaan full aerator dan tambahan vitamin serta penggantian air 20 persen setiap 12 hingga 14 hari.

Memiliki potensi sumber daya alam berupa air yang melimpah, pengembangan pertanian agrowisata ini tidak hanya meliputi padi, melainkan juga pengembangan budi daya cabai dan timun.

Video Terkait