Unpad Akan Dampingi Pemerintah Kabupaten Sumedang Di Bidang Pertanian

Kerjasama Fakultas Peranian Unpad di bidang teknologi pertanian (Dok Humas Unpad / Dadan T)

Editor: Andry - Jumat, 19 Maret 2021 | 18:40 WIB

SariAgri - Universitas Padjadjaran akan membangun kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang,  salah satu kerjasamanya berupa pendampingan bidang pertanian. Kerjasama juga dilakukan di bidang pendidikan, penelitian, pembangunan, kemasyarakatan, dan kearsipan. Utamanya nanti, Fakultas pertanian Unpad akan membantu petani dan peternak di Sumedang dengan teknologi, inovasi maupun pelatihan , sehingga hasil yang didapat lebih baik dari sekarang. 

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini dilakukan Dekan Fakultas Pertanian Unpad Dr. Ir. Meddy Rachmadi, M.P., dengan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang Ir. Amim.

Dengan adanya perjanjian ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman berharap kerjasama dengan Fakultas Pertanian Unpad ini dapat memberikan perubahan di bidang pertanian. Salah satunya dalam mengembangkan kapasitas sumber daya bagi para petani di daerah Sumedang. Setidaknya membuat para petani lebih maju dibanding daerah lain di Jawa Barat. Penguasaan teknologi maupun alih  pengetahuan bisa didapat para petani.

"Kerja sama dengan Unpad ini punya peran penting dalam menghasilkan inovasi di lingkungan Pemkab Sumedang," ujarnya .

Saat ini, pemerintahan dan pembangunan di Sumedang dihadapkan pada kondisi “triple disruption”. Oleh karenanya, kata dia, dibutuhkan strategi yang tidak biasa dalam menghadapinya.

Baca Juga: Unpad Akan Dampingi Pemerintah Kabupaten Sumedang Di Bidang Pertanian
Pekerjaan Tak Mudah Jaga Stabilitas Harga Pangan di Tengah Pandemi COVID-19

“Kuncinya ada dua yaitu inovasi dan kolaborasi, kami mencoba sesuatu yang berbeda di sektor pertanian dan sektor arsip. Kita jangan tanggung, making change and making history. Ini harus dibuktikan hasilnya. Untuk itu, pergerakannya harus ‘nendang’ tidak bisa dengan inovasi biasa,” ujarnya.

Selain itu, kerja sama di bidang kearsipan juga dapat memperbaiki sekaligus meningkatkan tata kelola kearsipan di lingkungan Pemkab Sumedang, baik secara manual maupun digital. Nantinya, arsip juga bahan data dapat menjadi bahan untuk melakukan inovasi atau riset di bidang pertanian juga pembangunan, sehingga saling menunjang.

 

 

 

Video Terkait