Food Estate Membuka Jalan Atasi Kemiskinan di Sumba Tengah

Lahan Food Estate di Sumba Tengah. (Istimewa)

Penulis: Tatang Adhiwidharta, Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 23 Februari 2021 | 20:40 WIB

SariAgri -  Bupati Sumba Tengah, Paulus S. K. Limu, mengaku bersyukur dengan keberadaan Food Estate di wilayahnya yang merupakan daerah dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Nusa Tengga Timur (NTT) yang mencapai 36 persen.

“Melalaui Food Estate, kami harapkan bisa menjadi pintu masuk mengatasi persoalan kemiskinan masyarakat Sumba Tengah," kata Paulus.

Lebih lanjut, ia menjelaskan selama ini Sumba Tengah lebih banyak lahan keringnya. Tidak mengherankan jika banyak tanaman yang gagal panen maupun gagal tanam. Tetapi semua berubah ketika adanya program Food Estate.

"Lebih dari itu, Food Estate bagi kami akan bisa membuka jalan kami untuk sejahtera dan menekan kemiskinan yang ada di wilayah kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk menyukseskan Food Estate, berbagai upaya sudah dilakukan termasuk menggunakan berbagai bantuan dari Kementan RI dalam pengolahan lahan untuk padi yang berjumlah 3.000 Ha, dan jagung seluas 2.000 Ha. Apalagi sebut dia, sudah banyak bantuan alsintan dan teknologi yang diberikan untuk kepentingan Food Estate.

“Ada traktor roda 4 sebanyak 20 unit, traktor Roda 2 sebanyak 80 unit, ada 12 unit combain dan sejumlah bantuan lain. Ini yang luar biasa buat kami di sini. Target kami panen nanti bisa mendatangkan hasil yang melampaui hingga 6-7 ton per hektare untuk jagung dan 5 ton per hektarenya untuk padi,” ujarnya.

Baca Juga: Food Estate Membuka Jalan Atasi Kemiskinan di Sumba Tengah
Selain Swasembada Gula, Ini Target Utama Mentan di Sektor Perkebunan

Bupati Paulus menambahkan, selain bantuan alsintan dan mekanisasi pertanian dimaksud, ada bantuan lainnya yang sekarang sudah diterima yaitu ternak itik sebanyak 5.600 ekor, tanaman kelapa sebanyk 5.000 pohon dan tanaman jeruk 5.000 pohon.

"Kelapa dan jeruk sudah kami tanam. Sedangkan itik masih dalam tahap pemeliharaan. Puji Tuhan, kami sangat bersyukur dengan semua bantuan ini, cinta yang luar dan berterima dari Bapak Presiden dan Bapak Menteri Pertanian yang mempercayakan Sumba Tengah sebagai salah satu lokasi Food Estate di Indonesia,”pungkasnya.