PERAGI Gandeng LIPI untuk Perkuat Inovasi Pertanian

Ilustrasi kerja di lahan pertanian (Foto: Pixabay)

Editor: Dera - Sabtu, 13 Februari 2021 | 12:00 WIB

SariAgri - Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2021 mengusung berbagai rangkaian program kegiatan dalam meningkatkan dunia pertanian di Indonesia. Beberapa program yang telah dijalankan antara lain menjalin kerjasama antar stakeholder di bidang penelitian dan pengembangan pertanian.

“Bidang penelitian dan pengembangan akan melakukan sinkronisasi kegiatan PERAGI dengan Litbang seperti LIPI, Swasta dan lembaga lainnya. Saya kira ini sangat penting menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder Litbang untuk menghasilkan inovasi-inovasi yang bisa diimplementasikan di dunia pertanian,” ujar Sekretaris Jenderal PERAGI, Sugiyanta, dalam Rakernas secara virtual, Sabtu, (13/2/2021).

Sugiyanta menjelaskan, dalam kerjasama tersebut bentuk kegiatan yang bisa diterapkan seperti koordinasi, diskusi dan seminar. Selanjutnya, yaitu menginisiasi kegiatan dan pengembangan bidang agronomi dalam membangun percepatan dalam sektor pertanian.

“Program-program ini juga bisa menginspirasi Komda-komda untuk menerapkannya dengan lingkungan, Universitas di daerah atau pemerintah daerah, juga membangun model penelitian terintegrasi lintas sektoral yang saat ini sudah mendesak dilakukan, jadi tidak hanya kita sendiri, tetapi juga dengan sektor-sektor lain sehingga hasilnya bisa lebih besar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sugiyanta menyatakan, dalam program bidang kajian dan kebijakan pertanian yaitu mengusung kegiatan quick respon terhadap kebijakan pemerintah maupun eksternal. Menurutnya, semua komda PERAGI yang tersebar di seluruh Indonesia bisa menerapkan hal yang sama dan dapat meningkatkan kinerja pertanian bangsa.

Baca Juga: PERAGI Gandeng LIPI untuk Perkuat Inovasi Pertanian
Sederet Varietas Padi Gogo yang Jadi Andalan Petani

“Semua Komda bisa berbuat demikian ini akan luar biasa, artinya bendera PERAGI betul-betul berkibar dan manfaatnya dirasakan di seluruh daerah,” terangnya.

Menurutnya, pengurus pusat mengharapkan setiap Komda yang tergabung dalam PERAGI dapat melaporkan kegiatannya secara rutin, kemudian mengoptimalisasi kegiatan, mendukung webinar yang akan diselenggarakan di tahun 2021.

“Program-program tersebut diharapkan dapat membumikan PERAGI kedepannya,” pungkasnya.

Video Terkait