5 Tanaman Ini Bisa Tumbuh Selama Musim Dingin

Ilustrasi asparagus (Foto: Pixabay)

Penulis: Arif Sodhiq, Editor: Redaksi Sariagri - Senin, 4 Januari 2021 | 08:00 WIB

SariAgri - Musim dingin menjadi tantangan tersendiri bagi petani di negara dengan empat musim. Saat musim dingin tiba sebagian lahan pertanian tertutup salju.

Meski demikian, ada beberapa jenis tanaman yang bisa tumbuh subur bahkan di musim dingin sekali pun. Dilansir thompson-morgan.com, berikut lima tanaman yang bisa tumbuh di musim dingin:

1. bawang merah

Set bawang musim gugur mudah ditanam dan akan beradaptasi selama musim dingin. Hanya saja bawang merah memiliki musim tanam panjang karena itu harus direncanakan dengan perhitungan matang. Hal ini karena bawang merah belum siap panen saat petani mulai menanam tanaman lain di musim semi. Onion 'First Early' atau 'Red Baron' adalah varietas populer yang dapat diandalkan.

2. Bawang putih

Menanam bawang putih tidak terlalu sulit. Apalagi banyak varietas yang bisa dipilih untuk ditanam di musim gugur. Varietas 'Wight Cristo' atau 'Chesnok Red' bisa menjadi pilihan. Sama seperti bawang merah, bawang putih juga memiliki musim tanam panjang sehingga belum akan siap dipanen pada musim panas.

Berita Pertanian - Baca Juga: Tren Tanaman Hias Janda Bolong Diprediksi Tak Akan Lama
Teh Tambi dan Pagilaran, Varietas Unggul dari Balittri

3. Daun bawang

Varietas daun bawang musim dingin yang tahan banting menjadi pendamping lezat salad. Daun bawang akan tumbuh dengan cepat sehingga penanaman di awal musim gugur akan siap dipanen di awal musim semi. Spring Onion 'White Lisbon' adalah varietas musim dingin yang populer dan dapat diandalkan.

4. Bayam 

Baca Juga: 5 Tanaman Ini Bisa Tumbuh Selama Musim Dingin
Mantan Bos Google Garap Pertanian Vertikal dengan Kecerdasan Buatan

Bayam merupakan tanaman potong yang akan terus menghasilkan banyak daun. Penanaman di awal musim gugur akan menghasilkan daun-daun muda yang lembut sepanjang musim dingin. Dengan panen secara teratur, tanaman bayam akan terus tumbuh hingga musim panas.

5. Asparagus

Jika memiliki lahan cukup luas, mengapa tidak menanam asparagus di musim gugur? Varietas tanam musim gugur seperti Asparagus 'Mondeo' atau 'Pacific Purple' bisa menjadi pilihan. (Istihanah Soejoethi)

Berita Pertanian : Petani Milenial Solusi Ketahanan Pangan