Mentan Ajak Perguruan Tinggi Bangun SDM Pertanian Sesuai Tantangan

Ilustrasi petani (Foto: Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 30 November 2020 | 15:30 WIB

SariAgri - Menteri pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak jajaran Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTI) terlibat langsung pada proses pembangunan SDM pertanian dalam menghadapi tantangan global. Menurut Mentan, perguruan tinggi memiliki tanggung jawab yang sama dalam menyediakan kebutuhan pangan bagi 270 juta penduduk Indonesia.

"Gambaran kita besok itu sebenarnya adalah kekuatan negeri dan bangsa ini ada di sektor pertanian. kenapa demikian? Sebab kita punya sumber daya alam beragam. Dan tentu saja tugas kita ke depan baik bersama Perguruan Tinggi maupun stakeholder lainnya adalah mempersiapkan sumber daya manusianya agar mampu mengolah pertanian sesuai dengan tantangan yang dihadapi," ujarnya saat menghadiri Lokakarya Nasional FKPTI secara virtual, Senin (30/11/2020).

Sektor pertanian saat ini, lanjut Mentan, telah menggunakan perlengkapan canggih seperti perangkat data agriculture war room serta deretan alat mesin pertanian berupa traktor remot control dan sarana prasarana lainnya yang sudah dikendalikan dengan internet.

"Kita tidak mungkin lagi mengerjakan pertanian dengan alat tradisional. Semua harus mengikuti kondisi yang ada. Jadi yang ingin saya katakan adalah SDM pertanian itu harus segera kita intervensi agar lebih kuat lagi dari hari kemarin," katanya.

Dikatakan Mentan, generasi mendatang harus mampu mengoptimalkan semua potensi sumber daya alam Indonesia. Anak muda, kata Mentan harus bisa menjadikan pertanian sebagai sumber penghasilan pokok.

"Mereka harus masuk ke sisi on fam dan off fam. Misalnya ayam turunannya apa. daging turunannya apa dan sayur turunannya apa. Kita (pemerintah) sudan menyediakan teknologinya. Mereka tinggal mengolahnya dengan pendekatan market place atau apa saja yang sesuai dengan tantangan," katanya.

Baca Juga: Mentan Ajak Perguruan Tinggi Bangun SDM Pertanian Sesuai Tantangan
Dibubarkan, Tugas dan Fungsi Dewan Ketahanan Pangan Dilaksanakan Kementan

Sekretaris Jenderal FKPTI Jamhari mengatakan pihaknya siap melakukan kerja sama dan berkolaborasi dalam membangun pertanian berkualitas sesuai dengan program jangka panjang kementan dalam membangun SDM pertanian Indonesia.

"Saya atas nama FKPTPI menyambut baik harapan Pak Mantan untuk membangun SDM yang berkualitas. Insya Allah kami bersma pengurus juga akan melihat food estate supaya mahasiswa perguruan tinggi melihat langsung seperri apa proses yang terjadi di lapangan. Untuk itu kami mohon arahan dari pak menteri sehingga kami bisa berjalan dengan kegiatan kegiatan yang ada," pungkasnya.(Isgtihanah Soejoethi)