Bangun Pertanian Indonesia, PERAGI Gandeng Generasi Milenial

Ilustrasi Petani Milenial (Unsplash)

Editor: Dera - Sabtu, 7 November 2020 | 14:00 WIB

SariAgri - Dalam membangun pertanian Indonesia agar lebih maju dan modern, Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) terus melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan menggandeng generasi milenial. 

Pasalnya, generasi muda dinilai memiiki semangat tinggi dan bisa menciptakan inovasi-inovasi luar biasa di sektor pertanian, baik di bidang teknologi maupun pemasaran. 

“Ada banyak sumber kader-kader (milenial) yang bisa diajak untuk memperkuat PERAGI, termasuk para petani muda yang akan mempunyai kesempatan berinteraksi apabila mereka bergabung," ujar Ketua Dewan Penasihat PERAGI, Justika Baharsjah dalam HUT PERAGI ke-43 yang digelar secara virtual, Sabtu (7/11). 

"Kedua, kader-kader lain termasuk alumni magang Jepang, pengalaman dan pembelajaran mereka akan banyak membantu meningkatkan kualitas dan misi PERAGI,” sambungnya.

Justika mengatakan, generasi milenial tersebut dapat direkrut melalui pemantauan yang dilakukan dari setiap wilayah di Indonesia.

“Jadi kita cari di wilayah-wilayah itu dan ajak mereka untuk bisa gabung dengan PERAGI, dengan gabungnya mereka kader-kader itu akan mendapat manfaat pula untuk meningkatkan kemampuannya. Jadi saya sekali lagi sangat menganjurkan untuk masuknya kader tersebut karena akan menjamin kelangsungan PERAGI dan misinya ini,” ungkap Justika.

Menurutnya, keberhasilan PERAGI sudah diakui oleh negara luar, seperti ikut serta dalam konferensi pertanian di Jepang dan Taiwan. Pihaknya berharap, PERAGI akan menunjukkan hasil yang lebih baik dengan merekrut generasi muda, agar dapat melanjutkan visi dan misi PERAGI ke depannya. 

Baca Juga: Bangun Pertanian Indonesia, PERAGI Gandeng Generasi Milenial
HUT ke-43, PERAGI Bertekad Kuat Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Selain itu, di momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-43, PERAGI juga seakan membuktikan keberhasillanya dalam mengembangkan sektor pertanian di Indonesia.

“Ada beberapa keberhasilan PERAGI termasuk kerjasama dengan himpunan-himpunan profesi lain yang antara lain menghasilkan hemat air, walaupun sudah agak lama tetapi sampai sekarang masih bermakna, termasuk keadaan di bawah El Nino dan La Nina,” pungkasnya. (Sariagri/Arif Ferdianto)