Tips Mudah Berkebun di Rumah untuk Pemula

Ilustrasi berkebun di rumah (Pixabay)

Penulis: Arif Sodhiq, Editor: Redaksi Sariagri - Selasa, 25 Agustus 2020 | 17:30 WIB

SariAgri - Berkebun merupakan salah satu kegiatan produktif yang bisa menjadi pilihan, apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Kegiatan ini bisa dilakukan di rumah dengan lahan terbatas. Selain bunga, tanaman sayuran dan buah bisa menjadi pilihan.

Hasil kebun, terutama sayuran dan buah bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Namun jika hasilnya berlebih, bisa dijual untuk menambah pendapatan. Berikut tips berkebun di rumah bagi pemula yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pilih tanaman yang disukai

Tentukan tanaman yang akan ditanam, apakah bunga, buah atau sayuran. Pilih tanaman yang paling disukai dan siapkan benih atau bibitnya. Dengan memilih tanaman yang disukai, berkebun akan menjadi semakin menyenangkan.

Berita Pertanian - Baca Juga: Teknologi Pertanian Pintar Dikembangkan untuk Tekan Biaya Produksi
KUR Pertanian, Kementan Dilibatkan Kawal Penyaluran Kredit

2. Pilih umbi–umbian

Jika bingung memilih tananam, umbi-umbian bisa menjadi salah satu pllihan. Selain mudah ditanam, tanaman umbi tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Dengan sekali tanam, tanaman jenis ini akan terus tumbuh di tempat yang sama. Sedangkan untuk tanaman bunga, daffodils atau tulip bisa menjadi pilihan.

3. Jangan memilih tanaman semusim

Tidak semua orang memiliki banyak waktu. Jika tidak, pilih tanaman berumur panjang atau tahunan. Dengan memilih tanaman tahunan, selain waktu, juga menghemat biaya perawatan. Hindari tanaman semusim karena akan merepotkan dan harus sering menggantinya dengan tanaman baru.

4. Pilih lokasi yang tepat

Setelah menentukan tanaman, pilih lokasi yang tepat untuk menanamnya. Pilih lokasi yang cukup mendapatkan cahaya matahari. Apalagi jika tanaman sayuran yang ditanam karena membutuhkan cahaya matahari sekitar enam jam per hari.

Baca Juga: Tips Mudah Berkebun di Rumah untuk Pemula
Pembangunan Dam Parit Tingkatkan Produksi Pertanian di Bima

5. Persiapkan media tanam

Persiapkan media tanam atau media tumbuh untuk tanaman. Untuk pemula, menanam tanaman dalam pot atau polybag akan memudahkan dalam perawatan. Selain itu, menanam dengan menggunakan media terbatas seperti pot atau polybag akan lebih menghemat air

7. Instalasi vertikal

Untuk area yang sempit, berkebun bisa menggunakan teknik instalasi vertikal. Dengan teknik ini, tanaman ditanam dari dari atas ke bawah memanfaatkan dinding.

.