Mentan: Sektor Pertanian Tumbuh Baik di Tengah Pandemi COVID-19

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SariAgri.id/Arif Ferdianto)

Penulis: Reza P, Editor: Rojes Saragih - Sabtu, 8 Agustus 2020 | 07:00 WIB

SariAgri - Menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan sektor pertanian tumbuh dengan baik di tengah pandemi COVID-19.

"Pertanian nasional tumbuh dengan baik karena didorong oleh seluruh provinsi," ujarnya saat menghadiri panen raya padi sawah di Desa Rias, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Babel, Jumat (07/08/2020).

Ia menjelaskan pertanian terutama padi merupakan benteng dan kekuatan terakhir di tengah negeri dilanda pandemi COVID-19.

"Pertanian sangat menjanjikan karena semua penduduk butuh makan, butuh pangan dan gizi yang cukup," ujarnya.

Ia menjelaskan, sektor pertanian tumbuh 16,4 persen berdasarkan data bps, di tengah sektor yang lainnya mengalami keterpurukan.

"Areal pertanian di Desa Rias memiliki potensi yang luar biasa, saya sudah bicara dengan bupati akan menjawab semua keluhan dan kendala para kelompok tani," ujarnya.

Baca Juga: Mentan: Sektor Pertanian Tumbuh Baik di Tengah Pandemi COVID-19
Restorasi Sawah Padi Gogo dan Padi Rawa Solusi Atasi Kerisis Pangan

Ia juga mengatakan ada tiga poin penting yang harus diperhatikan dalam menggarap lahan pertanian yaitu sumber air, teknologi dan sumber daya petaninya.

"Manajemen air sangat penting, demikian juga dengan mekanisasi teknologi lebih tinggi mesti menjadi perhatian dan sumber daya petani yang andal," ujarnya.