Cegah Stunting pada Anak, Kalbar Gencarkan Padi Inpari IR Nutri Zinc

Ilustrasi tanaman padi (Pixabay)

Penulis: Reza P, Editor: Rojes Saragih - Sabtu, 11 Juli 2020 | 15:00 WIB

SariAgri - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggencarkan penanaman padi Inpari IR Nutri Zinc untuk mendukung upaya pencegahan masalah gizi pada anak.

​​​​​​"Varietas padi Inpari IR Nutri Zinc kadar zinc-nya tinggi. Varietas ini merupakan varietas jenis baru dan manfaatnya untuk mencegah stunting," kata Kepala Dinas pertanian tanaman pangan dan hortikultura Provinsi Kalimantan Barat Florentinus Anum di Pontianak, Sabtu (11/07/2020).

"Pengembangannya ada di Kabupaten Ketapang seluas 400 hektare dan di Kabupaten Sambas 160 hektare," katanya.

Menurut dia, Kementerian Pertanian akan mendukung Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura memperluas area budi daya varietas Inpari IR Nutri Zinc tahun 2021.

Baca Juga: Cegah Stunting pada Anak, Kalbar Gencarkan Padi Inpari IR Nutri Zinc
Lima Komoditi Ekspor Perkebunan Indonesia yang Termasyur di Dunia

"Nah, tahun 2021 mendatang akan diperluas untuk budi dayanya yakni ada sebanyak 1000 hektare," kata dia.

Ia mengatakan, pembudidayaan padi Inpari IR Nutri Zinc nantinya akan dilakukan antara lain di Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Landak, dan Kabupaten Sanggau.

"Harapan kita bersama semoga pengembangan varietas zinc ini bisa adaptif di lahan Kalbar dan produktivitasnya bisa tinggi. Uji coba yang kita tahun ini di Sei Kakap Kabupaten Kubu Raya bisa mencapai 4,5 ton per hektare dan ini bisa kita tingkatkan lagi," kata dia.

Video Terkait