Food Estate Daerah Ini Diklaim Berhasil

Plt Gubernur Kalteng Habib Imail Bin Yahya meninjau lokasi food estate (sariagri/Humas Pemda)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 21 Februari 2023 | 20:00 WIB

Sariagri - Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat, mengklaim program nasional food estate di daerahnya terbilang berhasil. Buktinya dengan panen raya saat uji coba sistem tata air Daerah Irigasi Rawa (DIR), beberapa waktu lalu.

"Food estate ini berhasil, kita pantang mundur, maju terus untuk menyukseskan program nasional food estate di Kalimantan Tengah," kata Bupati Ben Brahim S Bahat.

Hal itu sebelumnya juga disampaikan oleh orang nomor satu di kabupaten setempat di hadapan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo bersama Dirjen dan jajaran, Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo, saat mengunjungi Desa Bentuk Jaya (A5), Kecamatan Dadahup.

Rombongan berkunjung untuk melihat secara langsung lokasi penanaman tahap I dan II, serta melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rice Milling Unit (RMU) dan meninjau bengkel alsintan yang lokasinya tidak jauh di wilayah setempat.

Lebih lanjut Ben menerangkan, hasil dari panen raya di lokasi uji coba sistem tata air seluas 20 hektare itu, berdasarkan perhitungan Badan Pusat Statistik (BPS) didapatkan hasil 5,6 ton per hektare.

Untuk di lokasi Blok D daerah Terusan, Kecamatan Bataguh, sebelumnya menunggu 10 tahun agar tanahnya turun. Saat ini berhasil panen dengan hasil 9 sampai 12 ton dan mampu dua kali panen per tahun.

Baca Juga: Food Estate Daerah Ini Diklaim Berhasil
Food Estate Dianggap Gagal, Petani: Siapa Bilang Kami Gagal?

Oleh karena itu, mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalteng ini pun, optimistis di lokasi A Dadahup yang sebelumnya sering dilanda banjir, setelah adanya irigasi yang tertata baik, menurutnya hanya perlu tiga tahun agar tinggi air irigasi dan air sawah tidak sama lagi.

"Tentunya kami dari Pemerintah Kabupaten Kapuas, mendukung penuh dengan program food estate ini, bersama-sama dengan pemerintah desa, kecamatan dan pemerintah provinsi akan melakukan segala cara dan upaya agar tujuan atau target segera tercapai," jelas Ben Brahim.