Petani di Jakarta Barat Panen 23,1 Ton Gabah

Ilustrasi panen padi. (pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 9 Desember 2022 | 19:30 WIB

Sariagri - Petani binaan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat berhasil memanen 23,1 ton gabah di atas lahan pertanian seluas 3,5 hektar yang berlokasi di Jalan Alas Tua RT 01 RW 04, Kampung Gaga, Semanan, Kalideres.

"Hari ini total hasil panen sebanyak 23,1 ton di atas lahan pertanian seluas 3,5 hektar atau dengan produktifitas mencapai 6,6 ton per hektar," kata Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Barat, Novy Palit, di Jakarta, Jumat (9/12/2022).

Puluhan ton gabah ini merupakan hasil panen yang dikelola oleh petani binaan Sudin KPKP Jakarta Barat. Nantinya, gabah tersebut akan diolah kembali oleh petani agar menjadi beras yang siap untuk dipasarkan.

Tidak hanya penanaman hingga panen, Sudin KPKP juga memberikan edukasi terhadap petani untuk membantu mengemas beras agar lebih menarik dan layak untuk dijual.

Selain itu, Sudin KPKP juga berperan penting dalam memberikan penyuluhan agar para petani mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Baca Juga: Petani di Jakarta Barat Panen 23,1 Ton Gabah
Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Legislator Minta Harga Gabah Dikondisikan

Dengan adanya panen besar ini, Novy berharap sawah di Jakarta Barat bisa menjadi salah satu sumber yang kuat untuk menopang ekonomi rakyat.

Tidak hanya itu, Novy juga berharap sawah juga bisa menjadi laboratorium dan ruang terbuka hijau agar generasi muda bisa mempelajari dan melestarikan lahan pertanian.