Lewat Program Ini, Gubernur Lampung Optimis Bisa Sejahterakan Petani

Gubernur Lampung Komitmen Sejahterakan Petani Lewat Layanan KPB

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Rabu, 7 Desember 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberikan penghargaan Kartu Petani Berjaya (KPB) Award 2022 kepada sejumlah stakeholder sekaligus melakukan Launching layanan baru pada aplikasi KPB di Ballroom Swiss-Belhotel Bandar Lampung, Rabu (07/12/2022).

Pelaksanaan KPB Award ini bertujuan untuk meningkatkan optimalisasi implementasi program Kartu Petani Berjaya, meningkatkan penerima manfaat sistem teknologi informasi Program KPB (aplikasi e-KPB) serta memberikan apresiasi/reward kepada stakeholder.

Gubernur Arinal menyatakan bahwa Program KPB sendiri lahir dari niat Gubernur untuk mensejahterakan petani, sehingga persoalan-persoalan petani seperti sulit mendapatkan modal usaha, pupuk, benih, dan lain-lain, diharapkan tidak lagi terjadi.

Bahkan melalui Program KPB, petani bisa mendapatkan pembinaan manajemen usaha dan teknologi, pemasaran hasil usaha pertanian, layanan asuransi usaha dan jaminan ketenagakerjaan, serta beasiswa pendidikan bagi anak petani.

"Pentingnya Program KPB sebagai strategi penyelesaian permasalahan secara terstruktur, sistematis, dan terintegrasi dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi. Saya meyakini KPB mampu mengangkat harkat dan martabat rakyat petani melalui peningkatan pendapatan dan kesejahteraannya. Di sinilah negara hadir, di saat rakyat butuh pertolongan," tegas Gubernur.

Kesuksesaan Program KPB, menurut Gubernur telah mendapat beberapa penghargaan dari pemerintah pusat. Diantaranya yakni Penghargaan Provinsi Terbaik dalam Inovasi Pengembangan Akses Keuangan di Sektor Pertanian pada TPAKD Award 2021, kemudian Piagam Penghargaan Pembangunan Daerah 2021, dan Peringkat Pertama Penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021, yang diserahkan Wakil Presiden RI sebagai Provinsi Terbaik dalam Peningkatan Produksi Padi.

Selanjutnya, pada tahun 2022 juga mendapat penghargaan dari Menteri Pertanian RI atas prestasi sebagai Pemerintah Daerah Provinsi Pendukung Pelaksanaan Program Asuransi Pertanian.

"Penghargaan menunjukkan bahwa apa yang dikerjakan itu BENAR, dan saya selalu mengingatkan bahwa keberhasilan meraih penghargaan bukan berarti program telah selesai, tetapi justru menjadi titik awal dilakukannya berbagai tindak lanjut dan pengembangan demi penyempurnaan Program KPB ke depan," tutur Gubernur.

Baca Juga: Lewat Program Ini, Gubernur Lampung Optimis Bisa Sejahterakan Petani
Lampung Siapkan Penganugerahan Kartu Petani Berjaya 2022

Oleh sebab itu, sebagai bentuk motivasi dan penghargaan kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam percepatan implementasi program KPB di Provinsi Lampung, maka diberikan KPB Award Tahun 2022.

"Saya berharap tentu hal ini akan memacu semangat untuk lebih mengoptimalkan lagi pelaksanaan dan pengembangan Program KPB, sehingga manfaatnya dapat dirasakan semakin luas oleh seluruh masyarakat baik petani, pekebun, peternak, petani hutan, nelayan, dan pelaku-pelaku di Provinsi Lampung," ucapnya.