Cara Mudah Membuat Irigasi Tetes dengan Memanfaatkan Botol Bekas

Ilustrasi irigasi tetes botol bekas (Distan Jabar)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Jumat, 2 Desember 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Kegiatan bertani saat ini tidak hanya menggunakan lahan yang besar. Pasalnya kini dunia pertanian pun sudah semakin modern. Salah satunya yaitu penerapan sistem hidroponik pada tanaman.

Sistem hidroponik ini cukup populer dan telah banyak digunakan oleh para petani. Pengertian hidroponik sendiri adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah.

Meski demikian, kebutuhan nutrisi untuk sebuah tanaman tetap dapat terpenuhi secara optimal. Selain itu, para petani juga dapat mengatur nutrisi ke akar. Hal inilah yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman menjadi maksimal.

Biasanya petani yang menerapkan sistem hidroponik irigasi tetes menggunakan beberapa alat seperti pompa, pipa primer, pip bgza sekunder, timer, dan stick drip. Cara ini memang dinggap lebih mudah.

Namun bagi kamu para pemula dan hanya berkebun dalam skala kecil, juga bisa menggunakan alternatif lain yang lebih terjangkau.

Kamu cukup memanfaatkan botol bekas sebagai penampung air nutrisi. Pada ujung bawah botol, dilubangi kecil untuk jalan keluarnya nutrisi secara perlahan.

Dengan begitu, nutrisi dapat langsung diberikan dan sampai ke akar. Kendalanya, ketika botol irigasi telah habis, kamu harus mengisi ulang.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Irigasi Tetes dengan Memanfaatkan Botol Bekas
Akuaponik, Altenatif Pertanian Modern dengan Budidaya Ikan dan Tanaman

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat irigasi tetes dengan botol bekas.

  • Siapkan media tanam dalam polibag yang sudah ditanami benih sayuran atau buah-buahan.
  • Siapkan botol plastik bekas berukuran besar, sekitar 1,5 liter.
  • Kemudian lubangi kecil pada bagian bawah botol.
  • Sementara ujung tutup botol, berilah beberapa lubang kecil.
  • Lalu tanam botol dengan posisi terbalik berdekatan atau sebelah tanaman yang ditanam.
  • Selanjutnya isi botol dengan air nutrisi yang encer setiap 3 kali sehari.

Demikian langkah mudah membuat sistem irigasi tetes yang sederhana. Dijamin sangat membantu untuk kamu para pemula yang berkebun dalam skala kecil. Selamat mencoba, Sobat Agri!