Tahun 2023, India Diprediksi Bakal Panen Gandum Besar-besaran

Ilustrasi ladang gandum. (Foto: Unsplash)

Editor: Dera - Kamis, 1 Desember 2022 | 13:15 WIB

Sariagri - India diperkirakan akan memanen gandum dalam jumlah besar pada 2023. Harga domestik yang tinggi dan kelembaban tanah yang meningkat membantu petani melampaui penanaman gandum pada tahun lalu. 

Mengutip Reuters, produksi gandum yang lebih tinggi dapat mendorong India, produsen gandum terbesar kedua di dunia, untuk mencabut larangan ekspor gandum. Hal tersebut juga membantu meredakan kekhawatiran atas inflasi ritel yang terus-menerus tinggi.

“Harga gandum sangat menarik,” kata Nitin Gupta, wakil presiden di Olam Agro India. 

“Kita bisa melihat lompatan besar di negara bagian seperti Gujarat dan Rajasthan, di mana para petani memiliki tanah tandus di ladang gandum mereka,” tambahnya. 

Harga gandum domestik melonjak 33 persen sejauh ini pada 2022 ke rekor 29.000 rupee per ton. Harga tersebut jauh di atas harga beli yang ditetapkan Pemerintah India yaitu sebesar 21.250 rupee.

India, konsumen gandum terbesar kedua di dunia, melarang ekspor bahan pokok setelah kenaikan suhu yang tajam dan tiba-tiba memangkas produksi gandum. Bahkan ketika ekspor meningkat untuk memenuhi kekurangan global yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Negara ini hanya menanam satu varietas tanaman gandum dalam setahun, dengan penanaman pada Oktober dan November. Panen diperkirakan dimulai pada Maret. Di Punjab dan Haryana, negara bagian keranjang roti India, banyak petani memutuskan untuk memajukan waktu penanaman.  

Para petani percaya bahwa varietas yang ditanam lebih awal akan siap panen sebelum suhu cenderung naik pada akhir Maret dan awal April. Suhu yang lebih tinggi membuat tanaman gandum layu.

“Di Punjab, petani sudah menanam gandum di lahan seluas 2,9 hingga 3,0 juta hektare dari luas normalnya sekitar 3,5 juta hektare,” kata petani gandum bernama Ramandeep Singh Mann. 

Baca Juga: Tahun 2023, India Diprediksi Bakal Panen Gandum Besar-besaran
Jaga Ketahanan Pangan, Ini Trik Cina Saat Panen Musim Panas

Untuk mendapatkan harga yang lebih tinggi, petani juga memilih varietas gandum unggul seperti Lokwan dan Sharbati, kelas premium yang menghasilkan keuntungan lebih tinggi.

“Area penanaman gandum telah naik, tetapi panen akan membutuhkan suhu yang lebih rendah dan kemudian cuaca harus tetap baik di bulan Maret dan April saat waktu panen tiba,” tukas Rajesh Paharia Jain, seorang pedagang di New Delhi.