Mengenal Manfaat Penggunaan Lampu LED dalam Pertanian Modern

Ilustrasi lampu LED untuk tanaman (Istimewa)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Kamis, 1 Desember 2022 | 11:30 WIB

Sariagri - Ada berbagai cara pemeliharaan dan perawatan yang bisa dilakukan, agar tanaman tumbuh dengan subur. Beberapa diantaranya yaitu tanaman harus mendapatkan penyiraman rutin, pemberian pupuk, sampai mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Sinar matahari jadi salah satu faktor penting dalam pertumbuhan tanaman. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab sinar matahari turut membantu tanaman dalam fotosintesis atau memproduksi makanannya sendiri.

Namun bagaimana jika tanaman tersebut diletakkan di sudut dalam rumah? Biasanya tanaman ini akan dikeluarkan secara teratur guna mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Selain itu, ternyata ada cara lain agar tanaman tumbuh subur meski tanpa cahaya matahari.

Manfaat lampu LED untuk tanaman

Jangan khawatir, jika kamu kesulitan untuk mendapatkan cahaya matahari. Sebab kamu bisa menggunakan seperangkat lampu LED khusus sebagai cahaya alternatif membantu pertumbuhan tanaman dalam ruangan.

Saat ini penggunaan lampu LED sudah banyak digunakan, baik untuk tanaman dalam ruangan, hidroponik, dan greenhouse. Bahkan perkembangan teknologi lampu LED ini, disebut-sebut memberi banyak manfaat.

Dilansir dari Gardeners, cahaya matahari mengandung spektrum lengkap termasuk semua warna pelangi, yang sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Tanaman dalam ruangan yang disinari lampu spektrum penuh, bisa mendapatkan keseimbangan cahaya dingin dan hangat yang mereplikasi spektrum matahari alami.

Cahaya ini dapat merangsang pertumbuhan akar yang lebih kuat, meningkatkan fotosintesis, dan memastikan pertumbuhan puncak. Hal ini membuat tanaman menjadi sehat dan memberi hasil panen yang maksimal.

Penggunaan LED juga diketahui bisa menghemat energi, sehingga dapat menekan biaya produksi pertanian. Pasalnya lampu LED sangat hemat listrik karena bisa bertahan lima kali lebih lama dari lampu neon.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Penggunaan Lampu LED dalam Pertanian Modern
Pertanian Vertikal, Terobosan untuk Dongkrak Produksi Gandum Global

Selain itu, lampu LED juga ramah terhadap lingkungan sekitar, karenan bebas dari merkuri dan bahan kaca.

Beberapa tanaman hias seperti bunya violet afrika yang sedang bermekaran, akan semakin cepat mekar jika diterangi dengan lampu LED buatan.

Tak hanya tanaman hias, penggunaan lampu LED ini juga bisa digunakan untuk tanaman sayuran dan buah-buahan, seperti tanaman kemangi, rosemary, peterseli, dan berbagai sayuran hijau lainnya.