Kisah Enner Valencia, Anak Petani yang Jadi Kapten Ekuador di Piala Dunia

Kapten Timnas Ekuador, Enner Valencia (Instagram)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Rabu, 30 November 2022 | 19:15 WIB

Sariagri - Kapten Timnas Ekuador, Enner Valencia merupakan salah satu bintang yang cukup gemilang performanya di Piala Dunia 2022. Ia sudah mecetak tiga gol di gelaran episode Piala Dunia kali ini. Namun, timnas Ekuador tidak berhasil lolos dari fase grup usai ditumbangkan Senegal 2-1 pada pertandingan terakhir Grup A.

Valencia lahir di Esmeraldas, San Lorenzo, Ekuador, pada 4 November 1989. Ibunya bernama Doa Bolivia Lastra dan ayahnya bernama Remberto Valencia, di Esmeraldas, San Lorenzo, Ekuador.

Kisah perjalanan hidupnya menjadi bintang Ekuador tak berjalan mulus. Ia lahir dari keluarga yang sederhana dan berkecukupan. Kedua orangtuanya merupakan seorang petani dan peternak kecil yang tak punya penghasilan cukup.

Mengutip dari laman lifeblogger.com, awalnya, keluarga Valencia hanya bisa bertahan hidup dengan menjual susu. Enner muda pun turut membantu membantu ayahnya menjual susu sapi di jalanan Kota San Lorenzo.

Enner Valencia bersekolah di kampung halamannya, San Lorenzo. Ketika lulus sekolah menengah atas, Enner memutuskan tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi karena ingin fokus pada sepak bolanya. Ia mulai mengolah si kulit bundar secara serius di klub kampungnya di daerah Salado. Saat itu, pelatih pertamanya, Mauricio Coello, selalu menjadikan Enner sebagai salah satu penyerang andalan di timnya.

Ketika melakoni kompetisi antarkampung, Enner berhasil menjadi pencetak gol terbanyak. Berkat kemampuan mencetak golnya tersebut ia direkrut sebuah akademi lokal bernama Caribe Junior. Di akademi Caribe Junior, Enner terus melanjutkan trennya sebagai striker tajam dan menjadi pencetak gol terbanyak dalam beberapa kejuaraan. Hasilnya klub profesional bernama Club Sport Emelec dari Kota Guayaquil berminat untuk mengontraknya menjadi pemain profesional.

Baca Juga: Kisah Enner Valencia, Anak Petani yang Jadi Kapten Ekuador di Piala Dunia
Lumbung Pangan Jadi Harapan Baru Ketersediaan Beras di Lombok

Hingga akhirnya pada tahun 2013, klub asal Meksiko, Club de Ftbol Pachuca berminat untuk memakai jasa Enner Valencia sebagai striker. Di klub ini Enner bermain sebanyak 23 kali dan 18 gol berhasil dicetaknya. Setahun berselang, dirinnya ditawarkan untuk Enner bermain di Eropa. Westham United adalah klub yang berniat memboyong Enner Valencia ke Kota London, Inggris. Di klub ini dia bermain tiga tahun dengan torehan delapan gol dari 54 pertandingan. Selanjutnya, ia pindah ke klub Meksiko dan kini melanjutkan kariernya di klub asal Turki, Fenerbahce.

Kesuksesannya malang melintang bermain di luar negeri, membuatnya dipanggil ke Timnas Ekuador sejak 2012. Selama itu, Enner telah menjadi pemain dengan torehan 76 pertandingan dan 38 gol. Hebatnya, enam gol di terakhir di Piala Dunia bagi Ekuador telah dicetak oleh Enner Valencia