Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Kementan Lakukan RJIT di Daerah Ini

Ilustrasi Lahan Pertanian. (Pinduoduo)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Rabu, 30 November 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Demi meningkatkan produktivitas pertanian, Kementerian Pertanian melakukan kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi tersier (RJIT) yang dilakukan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, berharap kegiatan RJIT bisa dikawal dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat petani.

Salah satu kegiatan RJIT yang dilaksanakan berlokasi di Kelompok Tani Mekar Baru, di Desa Waimital, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Kegiatan RJIT yang dilaksanakan adalah sepanjang 150 meter.

"RJIT sangat bermanfaat untuk petani. Karena tidak hanya memastikan sawah bisa teraliri air, luas sawah yang mendapatkan pasokan air juga bertambah," kata Mentan SYL dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (30/11).

Disamping itu, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Ali Jamil, mengatakan RJIT bisa berdampak baik buat ekonomi petani.

Baca Juga: Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Kementan Lakukan RJIT di Daerah Ini
Tingkatkan Produktifitas Lahan Pertanian, Pemda Lobar Perbaiki Irigasi

"RJIT bisa membantu petani meningkatkan produktivitas. Karena, pasokan air yang mencukupi membuat indeks pertanaman bisa ditingkatkan. Hal ini tentu akan membuat pendapatan petani ikut naik," ucapnya.

Maka dari itu, Ali mengajak petani untuk menjaga saluran irigasi yang telah direhabilitasi.

"Manfaatkan irigasi dengan sebaik-baiknya. Selain itu masyarakat harus sama-sama menjaganya agar tidak ada masalah pada saluran irigasi, khususnya disaluran tersiernya. Sehingga pertanian bisa digarap secara maksimal," pungkasnya.