Ramah Lingkungan, Vietnam Gencar Tingkatkan Produksi Pupuk Organik

Ilustrasi Pupuk (Pixabay)

Editor: Dera - Senin, 28 November 2022 | 19:15 WIB

Sariagri - Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam (MARD) menetapkan target untuk meningkatkan proporsi produk pupuk organik yang diizinkan untuk diedarkan menjadi 25 persen pada 2025.

Mengutip The Stars, Kementerian tersebut juga akan meningkatkan jumlah produksi pupuk organik yang memenuhi syarat sebesar 1,25 kali atau setara dengan 5 juta ton per tahun.

MARD mengatakan akan mengembangkan produksi dan penggunaan pupuk organik serta menjaga efisiensi dan keberlanjutan. Hal tersebut juga bagian dari kontribusi untuk mempromosikan nilai tambah dan melindungi lingkungan.

Industri di Vietnam tengah mengembangkan model penggunaan pupuk organik, penggunaan pupuk yang ekonomis, seimbang dan efektif di sembilan kelompok tanaman utama nasional.

Dalam rencana aksi peningkatan produksi dan penggunaan pupuk organik, penggunaan pupuk secara ekonomis, seimbang dan efisien untuk periode 2022-2025, MARD mengkaji sistem standar dan regulasi baru. Produk pupuk organik baru akan diteliti dan dikembangkan melalui pemilihan bahan input dan teknologi produksi yang tepat. 

Baca Juga: Ramah Lingkungan, Vietnam Gencar Tingkatkan Produksi Pupuk Organik
Meski Krisis, Sri Lanka Gelontorkan Ratusan Miliar untuk Subsidi Pupuk

Program ini dinilai akan mendorong pengembangan dan penggunaan pupuk organik produksi sendiri dalam skala industri dan rumah tangga, memanfaatkan produk sampingan yang melimpah dan tersedia dalam budidaya dan peternakan, serta pengolahan limbah domestik.

Total kapasitas produksi pupuk Vietnam mencapai 29,25 juta ton per tahun, termasuk pupuk organik. Jika produksi produsen pupuk lokal lancar, mereka dapat memenuhi kebutuhan pupuk nitrogen dan fosfat dalam negeri, khususnya kalium dan NPK.