Ingin Dapat Pupuk Subsidi? Cek Syarat, Harga dan Kenali Jenisnya

Dokumentasi - Petugas memeriksa pupuk subsidi yang baru tiba di gudang lini III PT Pupuk Kujang, Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat. (Antara Foto/Dedhez Anggara/pras)

Editor: Dera - Senin, 28 November 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Berdasarkan Permentan Nomor 10 Tahun 2022, pemerintah memberikan pupuk subsidi terhadap 9 komoditas. Sebelumnya terdapat 70 komoditas yang mendapat pupuk subsidi. 

Sembilan komoditas tersebut dibagi menjadi tiga kategori yaitu tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan. Tanaman pangan terdiri dari padi, jagung, dan kedelai. Hortikultura terdiri dari cabai, bawang merah, dan bawang putih. Kemudian tanaman perkebunan terdiri dari tebu rakyat, kakao, dan kopi.

Dijadikannya sembilan komoditas ini sebagai prioritas karena memiliki dampak pada laju inflasi. Selain itu, jenis pupuk yang mendapatkan subsidi hanya dua yaitu urea dan NPK.

Pupuk urea mengandung senyawa organik tunggal yang tersusun dari unsur karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen. Urea dapat digunakan untuk hampir semua jenis tanaman, baik tanaman pangan, holtikultura, maupun tanaman perkebunan. 

Sementara pupuk NPK memiliki lima unsur hara yang terdiri dari tiga unsur hara makro dan dua unsur hara mikro. Pupuk NPK biasanya digunakan untuk membantu pertumbuhan akar dan tunas tanaman. Kalium yang ada di NPK juga berguna untuk membantu pembungaan dan pembuahan. 

Bagaimana cara mendapatkan pupuk subsidi? 

Tidak semua orang bisa mendapatkan pupuk bersubsidi. Terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi yaitu, Pertama, petani harus tergabung dalam kelompok tani. Selain itu, petani yang berhak mendapatkan pupuk bersubsidi menggarap lahan paling luas dua hektare. 

Pupuk subsidi disalurkan di kios pengecer kepada para petani menggunakan Kartu Tani. Penggunaan Kartu Tani dilakukan melalui mesin Electronik Data Capture atau aplikasi digital. Jika petani belum memiliki Kartu Tani, penyaluran pupuk subsidi bisa dilakukan dengan kartu tanda penduduk.

Baca Juga: Ingin Dapat Pupuk Subsidi? Cek Syarat, Harga dan Kenali Jenisnya
Pertanian Terpadu, Solusi Jangka Panjang agar Tak Tergantung Pupuk Subsidi

Diketahui bahwa alokasi anggaran program pupuk subsidi pada 2022 berjumlah Rp25,28 triliun. Jumlah tersebut diperkirakan bisa disalurkan kepada 16 juta petani.

Harga eceran tertinggi untuk pupuk bersubsidi adalah sebagai berikut; 

  • Urea: Rp2.250/kg
  • SP-36: Rp2.400/kg
  • ZA: Rp1.700/kg
  • NPK: Rp2.300/kg
  • NPK-FK: Rp3.300/kg
  • Organik: Rp800/kg
  • Organik Cair: Rp20.000/liter