WTO-FAO: Krisis Pupuk Global Akan Berlanjut Hingga 2023

Ilustrasi Pupuk (Pixabay)

Editor: Dera - Minggu, 27 November 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) mengingatkan bahwa pertanian global saat ini tengah menghadapi krisis pupuk. Mereka memperkirakan bahwa kekurangan dan tingginya harga pupuk kemungkinan akan berlanjut hingga tahun 2023.

Kesimpulan tersebut didasarkan pada studi bersama antara 1 Januari 2021 hingga 15 Oktober 2022. WTO dan FAO juga mengingatkan bahwa kondisi krisis pupuk akan mengancam produksi pertanian dan ketahanan pangan di Afrika khususnya, di mana para petani sangat bergantung pada input pertanian impor.

Selain itu, faktor-faktor seperti krisis di Ukraina, inflasi yang tinggi, gangguan rantai pasokan dan penurunan ekonomi global telah menyebabkan melonjaknya harga pupuk dan produk pertanian.

Oleh karena itu, kedua organisasi tersebut menyerukan para pemimpin negara-negara G20 yang saat ini menggelar KTT di Bali untuk menjaga pasar pupuk dunia tetap terbuka, guna memenuhi permintaan global dan menghindari krisis ketersediaan pangan, demikian dikutip dari wam.ae.

WTO dan FAO juga mendesak negara-negara G20 untuk menerapkan semua langkah kebijakan yang tersedia untuk menangani krisis pupuk. Mereka menggarisbawahi perlunya melakukan "setiap upaya" untuk menjaga perdagangan pupuk tetap terbuka sehingga pasokan mencapai negara-negara yang paling membutuhkannya.

Baca Juga: WTO-FAO: Krisis Pupuk Global Akan Berlanjut Hingga 2023
Ramah Lingkungan, Pupuk CRF Makin Populer dan Diminati



Mereka juga meminta pemimpin negara-negara G20 untuk meminimalkan gangguan terhadap perdagangan pupuk, termasuk menahan diri dari pembatasan ekspor yang tidak sesuai dengan aturan WTO.

Terakhir, studi tersebut merekomendasikan peningkatan kesuburan tanah dan percepatan inovasi untuk penggunaan pupuk yang lebih efisien, dengan penggunaan praktik pertanian presisi yang lebih besar, mengurangi subsidi pupuk, dan mempromosikan sistem pangan yang berkelanjutan dan tangguh.