Cerita Petani asal Kendal Hibahkan Tanah 1.800 Meter untuk Dijadikan Embung

Subari, petani asal Kendal Jawa tengah (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) saat upacara Hari Pahlawan (Instagram)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 10 November 2022 | 15:15 WIB

Sariagri - Momen Hari Pahlawan kali ini ada yang tak biasa. Pasalnya, seorang petani asal Desa Kalibareng, Patean, Kendal bernama Subari naik panggung kehormatan dan mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketika memberi sambutan upacara.

Subari bukan seorang juragan atau tuan tanah. Ia hanya seorang petani biasa. Namun, ia begitu dermawan lantaran berani menghibahkan tanah seluas 1.800 meter persegi untuk dibangun embung yang akan mengairi sawah-sawah di desanya. Hal itu diketahui dalam sebuah postingan Instagram di akun @ganjar_pranowo.

"Ketika di luar sana orang-orang berebut tanah, bahkan kemarin ada sekolah dasar yang ditutup karena tanahnya jadi sengketa. Hari ini ada di depan kita semua, seorang petani sederhana namun dermawan luar biasa," kata Ganjar dalam unggahan tersebut.

Ganjar mengatakan bahwa Subari mengikhlaskan tanahnya agar para petani disekitarnya tidak kesulitan air ketika musim kemarau tiba. Tak hanya itu, Subari juga bersedia berkorban demi kepentingan masyarakat di desanya.

"Untuk mendukung pengorbanan beliau, Pemprov Jateng menganggarkan Rp. 3,4 miliar sebagai dana pembangunan embungnya Pak Subari yang insyaallah akan rampung akhir tahun ini," ucap Ganjar.

"Atas nama rakyat Jawa Tengah, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Subari. Beliau lah Pahlawan kita hari ini," sambungnya.

Baca Juga: Cerita Petani asal Kendal Hibahkan Tanah 1.800 Meter untuk Dijadikan Embung
Cerita Petani Boyolali Terapkan Standar SRP untuk Budidaya Padi

Sontak, unggahan tersebut pun viral dan berhasil menyita perhatian warganet. HIngga berita ini dibuat sudah lebih dari 48 ribu pengguna yang menyaksikan unggahan satu ini. Adapun ragam komentar warganet memenuhi kolom komentar.

"Masya Allah, tiket surga sudah ditangan bapak Subari sekeluarga. Sangat inspiratif," ujar warganet.

"Inilah sosok-sosok pahlawan yang ada di setiap zamannya. Zaman ini muncul Seorang petani. Marilah kita berlomba menjadi pahlawan di bidang kita masing-masing," ucap warganet lainnya.

Video Terkait