Dorong Swasembada Benih, NTB Perkenalkan VUB Jagung Hibrida

NTB Perkenalkan VUB Jagung Hibrida. (Sariagri/Yongki)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 18 Oktober 2022 | 18:15 WIB

Sariagri - Sariagri - Benih merupakan input utama dalam produksi pertanian. Penggunaan benih bermutu dari varietas unggul akan menghasilkan tanaman yang produktif dan lebih efisien. Oleh karena itu, untuk mendukung program swasembada jagung, harus dimulai dengan swasembada benih. 

Menindaklanjuti hal tersebut, Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian (BPTP) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengajak para petani untuk melakukan swasembada benih dengan memperkenalkan Display Varietas Unggul Baru (VUB) jagung hibrida (JH-37 dan Nasa-29). Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung program ICARE Kementerian Pertanian. 

VUB Jagung Hibrida merupakan salah satu komponen teknologi yang berperan sangat besar dalam meningkatkan produksi jagung. Penggunaan VUB jagung dengan menggunakan teknik budi daya yang tepat diyakini dapat memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan produksi jagung di NTB. 

Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Awaludin Hipi, MSi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan varietas jagung JH-37 dan Nasa-29 dan persiapan kegiatan ICARE di Lombok Tengah yang dibiayai bank dunia.

“Kegiatan ICARE yang ada di Lombok Tengah saat ini memasuki tahapan persiapan, penataan kelembagaan pada kawasan 1000 ha pilot project integrasi jagung dan ayam KUB. Mari kita bersatu padu berkolaborasi bersama melangkah untuk mensukseskan program ICARE guna meningkatkan kesejahateraan petani," jelasnya

Lebih lanjut, pihaknya juga memperkenalkan berbagai varietas unggul baru padi, jagung, kedelai produk Badan Litbang Pertanian dan teknologi budidayanya.

"Ke depan diharapkan Lombok Tengah bisa memproduksi benih jagung sendiri agar benih jagung kita harapkan tersedia secara 6 tepat dan harganya terjangkau,” harapnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah Taufikurrahman menyampaikan apresiasi kepada BPTP NTB yang telah memperkenalkan hal baru dari berbagai jenis varietas unggul baru hingga teknologi pertaniannya.

Baca Juga: Dorong Swasembada Benih, NTB Perkenalkan VUB Jagung Hibrida
Kisah Ahli Agronomi Berusia 86 Tahun Sebarkan Benih Jagung di Cina

Menurutnya, Lombok Tengah mempunyai kewajiban menyiapkan pangan nasional karena merupakan daerah penyumbang 9% pangan nasional. 

"Alhamdulillah 3 kecamatan di Lombok Tengah akan menjadi percontohan program ICARE integrasi jagung dan ayam KUB yang dibiayai oleh bank dunia. Oleh karena itu dibutuhkan kolaborasi semua stakeholder terkait karena pertanian tidak boleh bekerja sendiri,"pungkasnya.