Puluhan Hektare Tanaman Padi Daerah Ini Diserang Hama Tikus

Petani tangkap hama tikus yang menyerang tanaman padi di lahan pesawahan Lamongan (SariAgri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 10 Oktober 2022 | 19:30 WIB

Sariagri - Puluhan hektare tanaman padi di Desa Belambangan dan Gunung Kuripan, Kecamatan Pengandonan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) diserang hama tikus hingga petani nyaris gagal panen.

Menurut Zainal, salah seorang petani di Desa Belambangan, Kabupaten OKU, sekitar 80 hektare lahan tanaman padi di dua desa tersebut sudah siap panen, namun mendadak diserang hama tikus.

Akibatnya produksi padi yang dihasilkan petani tahun ini turun drastis mencapai 50 persen karena banyak isi padi yang dimakan gerombolan tikus.

"Beruntung serangan hama ini cepat diketahui, sehingga kami mempercepat panen raya sehingga masih dapat menikmati hasil panen meski tidak maksimal," katanya.

Kondisi serupa dikatakan Kepala Desa Gunung Kuripan, Zairul Amini yang mengungkapkan bahwa akibat hama tikus petani di desa itu nyaris mengalami gagal panen.

Tak ingin kejadian serupa terulang lagi, Zairul mengatakan bahwa pihaknya pada awal musim tanam tahun depan akan melaksanakan gerakan pengendalian (gerdal) tikus secara massal bersama seluruh petani di daerah itu.

Dalam gerakan pengendalian, petani secara swadaya membawa beras untuk umpan dan selanjutnya dilakukan pencampuran dengan rodentisida oleh kelompok tani.

Dalam gerakan ini pihaknya akan membeli setiap tikus yang berhasil ditangkap petani dengan harga Rp3 ribu per ekor untuk dimusnahkan dan dikubur.

"Kami berharap dengan adanya sayembara ini tahun depan sawah milik petani di desa kami diharapkan aman dari gangguan hama tikus," harapnya.

Baca Juga: Puluhan Hektare Tanaman Padi Daerah Ini Diserang Hama Tikus
Miliki Ide Gila! Petani Ini Gunakan Tikus Belanda untuk Kendalikan Gulma

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU, Joni Sahiu secara terpisah menyampaikan bahwa pihaknya akan segera menurunkan tim ke lapangan untuk memastikan hama yang menyerang tanaman petani di dua desa tersebut.

"Sekaligus juga kami akan melakukan upaya pembasmian hama tikus agar tidak mengganggu tanaman petani pada musim tanam nanti," ujarnya.