Aksi Puan Maharani Tanam Padi Berjalan Maju Tuai Kritikan Warganet

Ketua DPR RI, Puan Maharani tengah menanam padi di Bali (Instagram)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Belum lama ini tengah beredar video viral memperlihatkan Ketua DPR RI Puan Maharani turun ke sawah menanam padi dengan berjalan maju menjadi sorotan warganet. Diketahui kegiatan tersebut dilakukan di Desa Adat Sedang, Abiansemal, Badu, Bali, Rabu (28/9).

Momen tersebut terekam kamera dan dibagikan oleh akun kaisakda20 di jejaring media sosial Twitter. Dalam unggahan itu awalnya Puan yang berpakaian serba hitam itu menanam padi dengan menatanya ke samping kiri.

Aksi selanjutnya pun mengejutkan warganet. Sebab, Puan bukannya berjalan mundur seperti pada umumnya, namun justru berjalan maju melewati padi yang telah ditanamnya. Herannya, cara menanam padi yang tak biasa ini diikuti oleh petani yang ikut dalam acara.

"Menanam padi sambil maju, mungkin biar hidup petani tuh lebih maju lagi, enggak mundur," tulis keterangan akun tersebut.

Kendati begitu, melalui unggahan di akun Instagram miliknya, Puan menjelaskan bahwa cara menanam padi di desa tersebut memang berbeda. Di desa tersebut biasa menanam padi dengan cara dibentuk segi empat, yang ditengah kotaknya harus diinjak. Tingkat basah lahan juga berbeda, dan makin ke depan tanahnya semakin dalam.

Sontak unggahan tersebut pun viral dan berhasil menyita perhatian warganet. Hingga berita ini dibuat sudah lebih dari 600 ribu pengguna yang menyaksikan unggahan ini. Adapun ragam komentar warganet memenuhi kolom komentar.

Baca Juga: Aksi Puan Maharani Tanam Padi Berjalan Maju Tuai Kritikan Warganet
DPR: Ketahanan Pangan Penting, Tapi Petani Juga Harus Sejahtera

"Itu keknya petani settingan bukan petani asli karena saya hidup di kampung tahu betul bagaimana caranya orang menanam padi," kata seorang warganet.

"Yu dekati petani sementara biaya tanam sama biaya perawatannya ibu ga mikirin lebih baik beli pupuk dari pada milih ibu," timpal warganet lainnya.

Video Terkait