Ini Beragam Manfaat Sekam Padi dalam Dunia Industri

Ilustrasi sekam padi (Istimewa)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 29 September 2022 | 16:15 WIB

Sariagri - Sekam padi kerap kali dianggap sebagai limbah pertanian. Hal ini bisa dilihat ketika panen padi tiba, sekam sisa penggilingan padi yang menggunung.

Tahukah Sobat Agri, faktanya limpah pertanian ini ternyata memiliki sejumlah manfaat loh. Beberapa diantaranya yaitu sebagai bahan bakar alternatif dan bahan dasar dalam berbagai macam industri.

Ini Beragam Manfaat sekam padi dalam dunia industri

Tak disangka, berawal dari limbah ternyata sekam bisa dimanfaatkan kembali untuk berbagai bidang industri. Beberapa diantaranya digunakan sebagai bahan bangunan, seperti hard board, semen hidraulik, bahan reinforcing karet, industri detergen, industri silika dan industri mineral.

Hard board sekam memiliki sifat tahan air, tahan api dan anti rayap. Hal ini yang membuatnya kerap digunakan sebagai bagian dalam atau bagian luar rumah. Selain itu, pencampuran abu sekam sekitar 20-30% kapur juga mampu menghasilkan semen hidraulik, yang digunakan untuk pembuatan bata tahan asam.

Sementara, dengan mencampurkan 50-100 bagian abu sekam dengan 100 bagian karet sintetik styrene butadiene rubber (SBR), dimanfaatkan sebagai bahan reinforcing karet.

Tak hanya sampai disitu, abu dari sekam ini juga mampu direaksikan dengan larutan NaOH untuk menghasilkan natrium silikat yang dimanfaatkan sebagai filler dalam pembuatan sabun dan detergen dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, sekam padi yang sudah dipurifikasi, memiliki kadar silika (SiO2) mencapai 95% juga bisa dimanfaatkan sebagai filler dalam industri makanan, kertas, cat, kosmetik, pasta gigi, dan silika gel.

Sementara kandungan absorben dari limbah padi ini, juga memiliki banyak fungsi dalam industri pemurnian air, minyak dan lemak, dan pengeringan udara.

Baca Juga: Ini Beragam Manfaat Sekam Padi dalam Dunia Industri
Pupuk Organik Cair dari Limbah Jamu Terbukti Tingkatkan Produksi Padi

Berdasarkan penelitian, sekam padi mengandung 87-97% berat kering dari silika. Hal ini berarti sekam padi berpotensi menghasilkan silika gel dalam jumlah yang besar. Keunggulan silika gel ini adalah tetap kering meski disentuh, sehingga banyak digunakan guna menjaga kelembapan sepatu, tas, obat-obatan, makanan, elektronik, dan lain sebagainya.

Manfaat lain sekam padi yang jarang diketahui yaitu untuk pembuatan sumpit. Sekam padi sekitar 90% dengan materi baru seperti resin 10%, dapat dimanfaatkan untuk pembuatan sumpit. Resin sendiri adalah produk yang aman untuk digunakan bahkan hingga berulang-ulang kali.

Video Terkait