Jokowi Siapkan Rencana Besar RI Hadapi Krisis Pangan

Tanaman sorgum di Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Antara/Nikolas Panama)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Senin, 26 September 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Presiden Joko Widodo menyiapkan sejumlah rencana besar untuk menghadapi ancaman krisis pangan. Salah satunya yakni memanfaatkan alternatif bahan pangan.

"Dan kita memiliki banyak pilihan. Indonesia tidak hanya punya beras tapi juga jagung, sagu, dan tanaman lama kita, sorgum," ujar Jokowi melalui unggahan di Instagram @jokowi, Senin (26/9).

Kepala Negara juga mengatakan bahwa setiap daerah di Indonesia harus memiliki keunggulan pangan masing-masing. Hal ini bertujuan agar Indonesia mencapai kedaulatan pangan yang utuh.

"Yang kita alami sekarang ini kompetisi dalam menghadapi krisis pangan global. Oleh sebab itu, kedaulatan pangan ketahanan pangan harus jadi fokus kita kedepan. Dan setiap daerah harus mempunyai keunggulan pangan masing-masing," katanya

"Di NTT misalnya, di Waingapu kita coba tanam sorgum. Sorgum di NTT tumbuh sangat subur sehingga kita ini akan menanam besar-besaran di NTT Sorgum," tambahnya.

Baca Juga: Jokowi Siapkan Rencana Besar RI Hadapi Krisis Pangan
Laporan Khusus: Sorgum, Surga Harta Karun RI di Lahan Kering

Kandungan Gizi dan Manfaat Sorgum

Perlu diketahui, pada dasarnya, sorgum adalah bahan pangan mengandung gizi dasar yang tidak beda jauh dengan serealia lainnya. Tanaman ini kaya akan protein, bahkan jumlahnya lebih banyak dari jagung.

Sorgum memiliki keunggulan, seperti pengembangan budidayanya lebih mudah karena dapat tumbuh pada lahan sub-optimal. Selain itu sorgum juga mengandung senyawa antioksidan mendukung diversifikasi pangan fungsional (food functional).

Video Terkait