Ramah Lingkungan, Ilmuwan Cina Gencar Kembangkan Pestisida Hijau

Ilustrasi penyemprotan pestisida. (Pixabay/Th G)

Editor: Dera - Minggu, 25 September 2022 | 09:00 WIB

Untuk pertama kalinya, sebuah studi yang dilakukan para ilmuwan Cina berhasil mengungkapkan proses lengkap biosintesis kitin yang memberikan arah baru untuk inovasi pestisida hijau.

Menurut Akademi Ilmu Pertanian Cina (Chinese Academy of Agricultural Sciences/CAAS), studi itu telah diterbitkan dalam jurnal Nature pada Rabu (21/9).

Pestisida dapat mengurangi kerugian ekonomi, lantaran membuat tanaman tahan terhadap hama dan penyakit. Oleh karena itu, pengembangan pestisida yang aman terus dilakukan agar target molekuler pestisida tertentu dapat melahirkan lusinan atau bahkan ratusan pestisida baru.

Kitin merupakan aminopolisakarida yang paling melimpah di bumi, dan biosintesisnya penting untuk kelangsungan hidup dan reproduksi sejumlah besar organisme, termasuk banyak hama, jamur patogen, dan oomycetes yang secara serius merusak produksi tanaman.

Kitin tidak terdapat pada tumbuhan dan mamalia, tetapi merupakan target molekuler yang ideal untuk pengembangan fungisida atau insektisida hijau. 

Pengembangan Pestisida Hijau

Para ilmuwan dari Institut Perlindungan Tanaman CAAS mempelajari PsChs1, sebuah sintase kitin dari Phytophthora Sojae, patogen utama penyebab busuk rimpang kedelai, yang menyebabkan kerugian ekonomi lebih dari satu miliar dolar setiap tahun secara global.

Para peneliti menganalisis struktur mikroskop cryo-elektron PsChs1, mengungkapkan seluruh proses biosintesis kitin untuk pertama kalinya.

Studi itu memberikan informasi penting tentang struktur target molekuler untuk mengembangkan pestisida hijau, menawarkan solusi baru untuk mengendalikan resistensi hama dan penyakit terhadap pestisida yang ada, serta menguraikan arah baru untuk reformasi dan pengembangan industri pestisida hijau.

Seorang akademisi di Akademi Ilmu Pengetahuan Cina dan Presiden Universitas Hebei, Kang Le, mengatakan bahwa studi itu memberi pencerahan baru tentang pengendalian populasi serangga berbahaya.

Baca Juga: Ramah Lingkungan, Ilmuwan Cina Gencar Kembangkan Pestisida Hijau
Yuk Bikin Pestisida Alami yang Ramah Lingkungan dengan Bahan Berikut

Penelitian tersebut akan membantu mengembangkan pestisida hijau yang penting untuk meningkatkan kemampuan mencegah dan mengendalikan hama pertanian serta memastikan keamanan pangan negara.

CAAS berencana memperkuat penerapan temuan penelitian tersebut dan mempercepat pengembangan pestisida hijau terhadap sintase kitin.

Video Terkait