Sorgum Sumber Pangan Masa Depan Indonesia

Ilustrasi tanaman sorgum (Wikimedia)

Editor: Reza P - Sabtu, 3 September 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengatakan, bahwa sorgum sebagai sumber pangan masa depan di Indonesia. Hal ini dikarenakan sorgum dapat diolah menjadi berbagai macam produk pangan.

"Semua makanan ini diolah dari sorgum. Saya sudah cicipi semua, rasanya enak dan lezat. Sudah, mulai sekarang pindah ke sorgum. Jangan ragu-ragu lagi. Sorgum jawaban sumber pangan masa depan," ungkap Moeldoko dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ini menjelaskan jika Kandungan sorgum lebih sehat, apalagi jika dikonsumsi oleh masyarakat yang sedang diet. 

Baca Juga: Sorgum Sumber Pangan Masa Depan Indonesia
Mentan: Sorgum Pangan Alternatif Warga di Tengah Krisis Pangan Dunia

“Kandungan karbohidrat, kalori, dan gula dalam sorgum cukup rendah," jelasnya.

Moeldoko menambahkan jika Pemerintah tengah mendorong pemanfaatan sorgum sebagai alternatif pangan dan pengganti gandum. Ini sebagai bentuk upaya untuk mencukupi kebutuhan pangan dalam negeri karena harga gandum mengalami kenaikan dampak perang Rusia dan Ukraina yang masih berlangsung.

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) mulai mengembangkan 15 ribu hektare tanaman sorgum. Pada  2023, pengembangan sorgum akan terus diperluas dari 40 ribu menjadi 50 ribu hektare.

"Pemerintah saat ini sedang menyiapkan ekosistemnya agar masyarakat tertarik untuk menanam sorgum," ujarnya.

Video Terkait