Pemerintah Daerah di Cina Rebutan Air untuk Lahan Pertanian

Sungai Yangtze, Cina. (Foto: Wikimedia Commons)

Editor: Putri - Kamis, 18 Agustus 2022 | 21:45 WIB

Sariagri - Pemerintah Cina memperingatkan kekeringan parah di sepanjang Sungai Yangtze bisa berlangsung hingga September 2022. Banyak pemerintah daerah berlomba memperoleh air untuk pembangkit listrik tenaga air dan mengairi tanaman menjelang panen musim gugur.

Mengutip Reuters, Kamis (18/8/2022), gelombang panas membuat lembah sungai terpanjang di Cina ini menyusut. Kekeringan di Sungai Yangtze kini telah berlangsung lebih dari dua bulan, memangkas pasokan tenaga air dan mengeringkan hamparan luas tanah pertanian. 

Di wilayah barat daya Chongqing yang luas, di mana sebagian besar waduk Tiga Ngarai Yangtze berada, banyak pemerintah berebut air untuk pembangkit listrik tenaga air. Beberapa kota di Chongqing membatasi pasokan listrik ke industri, media pemerintah melaporkan.

Perusahaan Listrik Cina juga berjanji untuk melakukan yang terbaik untuk memasok listrik ke Provinsi Sichuan, yang biasanya memasok sejumlah besar listrik tenaga air ke pantai timur. Tetapi sekarang memberlakukan kontrol konsumsi listrik yang ketat.

Aliran air normal di wilayah itu masih bisa berbulan-bulan lagi, dengan curah hujan diperkirakan tetap rendah hingga akhir Agustus dan seterusnya. Hal tersebut disampaikan Liu Zhiyu, seorang pejabat di Kementerian Sumber Daya Air. 

Baca Juga: Pemerintah Daerah di Cina Rebutan Air untuk Lahan Pertanian
Kota Chongqing Cina Hadapi Suhu Lebih dari 40 Derajat Celsius

"Diperkirakan pada September, aliran air di tengah dan hilir Sungai Yangtze masih rendah dan kekeringan di Anhui, Hubei, Hunan, dan Jiangxi dapat berkembang lebih lanjut," kata Liu, memperingatkan. Merujuk pada empat provinsi utama di bagian tengah sungai.

Curah hujan di lembah Sungai Yangtze sekitar 45 persen lebih rendah dari biasanya sejak Juli. Suhu tinggi hingga di atas 40 derajat Celsius kemungkinan akan bertahan setidaknya satu minggu lagi, kata prakiraan resmi.

Video Terkait