Meski Swasembada Beras, Rektor IPB Ingatkan Ini ke Pemerintah

Rektor IPB University, Arif Satria berkesempatan panen kopi konservasi di Kampung Cibulao, Desa Tugu Utara, Kabupaten Bogor. (Istimewa)

Editor: M Kautsar - Selasa, 16 Agustus 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Indonesia menyandang swasembada beras selama tiga tahun terakhir. Meski begitu, Rektor IPB University, Arif Satria menegaskan pentingnya mendorong petani muda.

“Petani muda yang merupakan lulusan pertanian juga mesti turut didorong,” kata Arif, Selasa (16/8/2022).

Menurut Arif, kebijakan perdagangan pemerintah juga harus bisa diatur dan berpihak pada pasar domestik dalam jangka panjang. Selain itu, dia juga menyarankan program food estate yang digagas pemerintah perlu menggandeng menggandeng anak-anak muda yang masih duduk di bangku kuliah serta bersinergi dengan pihak swasta.

“Dari pihak swasta juga harus memiliki visi untuk memperkuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Artinya mekanisme pasar baik dan iklim pasar lebih kondusif serta lebih ramah kepada petani. Dengan demikian kesejahteraan petani dapat terjaga,” ujar dia.

Dia berpesan kepada masyarakat Indonesia bahwa sektor pertanian dapat menjadi andalan ketika krisis. Masyarakat harus optimis bahwa sektor ini dapat menjadi pilar ekonomi nasional.

“Dalam arti desa dapat tumbuh menggeliat dan berketahanan pangan. Maka industrialisasi ke depan akan lebih lancar karena pondasinya sudah kuat di sektor pedesaan dengan mendukung agroindustrialisasi agar nilai tambah akan lebih dinikmati daripada hanya sekadar nilai primer,” kata dia.

Arif mengingatkan momentum baik ini dapat dijadikan untuk menyemangati perwujudan ketahanan dan kemandirian pangan. Di samping karena krisis pangan sudah di depan mata, krisis geopolitik Rusia-Ukraina berimplikasi pada tersumbatnya supply gandum dari kedua negara tersebut.

“Momentum ini harus dimanfaatkan Indonesia untuk semakin mandiri pangan, tidak tergantung lagi pada impor, karena risikonya tinggi dan hidup mati bangsa bergantung pada sektor pertanian,” katanya.

Video Terkait