Melalui Teknologi Modern, Industri Pertanian Lokal Cina Meningkat Tajam

Ilustrasi padi. (Foto: Unsplash)

Editor: Dera - Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:04 WIB

Provinsi Hunan di Cina tengah merupakan salah satu pusat produksi pertanian terbesar di negara itu, dan sebuah kota bernama Chunhua telah digunakan untuk proyek percontohan sejak 1950-an.

Dalam beberapa tahun terakhir, kota itu menggunakan metode berteknologi tinggi untuk mengembangkan industri pertanian lokal, seperti dilaporkan CGTN.

Metode modern dilakukan di zona percontohan yang komprehensif di lahan seluas 200.000 meter persegi. Peningkatan kualitas lahan budidaya, benih, serta cara tanam diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk dan hasil per unit.

Hasilnya sejauh ini cukup bagus. Hasil panen padi musim panas tahun ini mencapai lebih dari 623,7 kilogram per mu (666,7 meter persegi), atau hampir 178,4 kilogram lebih tinggi dibanding sawah biasa lainnya di daerah yang sama.

Teknologi pengendalian hama

Zona percontohan tersebut menggunakan berbagai jenis teknologi tingkat tinggi, termasuk penggunaan penuh perangkat pengendalian hama ramah lingkungan.

Perangkat ini menggunakan penarik makanan untuk membunuh serangga. Teknologi ini ramah lingkungan dan membunuh lebih banyak hama daripada cara tradisional,” terang Presiden Institut Penelitian Beras Hunan, Zhao Zhenghong, kepada CGTN.

Zona demonstrasi dibangun sebagai model untuk direplikasi di daerah lain. Pemerintah setempat mengatakan zona yang menggunakan produksi mekanis penuh itu membantu meringankan beban kerja petani lokal.

Mekanisasi pertanian berarti petani bisa mengurus ladang dengan lebih mudah. ??Dulu, seorang petani hanya bisa menanam beberapa Mu ladang, tapi sekarang ada beberapa petani yang bisa mengurus sendiri beberapa ratus Mu ladang,” ujar Wakil Walikota Kota Chunhua, Luo Ao.

Seiring dengan lingkungan alamnya yang luar biasa untuk produksi pertanian dan sejarah panjangnya dalam industri pertanian lokal, Chunhua telah menarik hampir 20 perusahaan dan lembaga penelitian pertanian.

Baca Juga: Melalui Teknologi Modern, Industri Pertanian Lokal Cina Meningkat Tajam
Integrasi Teknologi Digital Jadi Rahasia Sukses Cina Kembangkan Pertanian

Kami mengkhususkan diri dalam pemuliaan, produksi, promosi, dan penjualan sayuran varietas baru. Setiap tahun, kami mengembangkan 6.000 jenis produk pertanian baru, dan hanya lima atau enam di antaranya yang memasuki pasar, kata He Jiuchun, ketua Peppera Seed Co., Ltd. salah satu perusahaan riset pertanian di Chunhua.

Pejabat lokal berharap dapat mengembangkan industri pertanian modern. Guna melakukan hal itu, mereka tidak hanya menciptakan zona demonstrasi dan menarik institusi, tetapi juga mendidik petani profesional modern. Mereka percaya, orang-orang berbakat adalah kunci pembangunan.

Video Terkait